Fotografi light painting merupakan fotografi dengan eksposur panjang. Sebuah pemandangan ataupun objek dapat terlihat menjadi lebih hidup dengan permainan cahaya, loh. Light painting sangatlah butuh kesabaran ekstra dan latihan yang terus menerus. Light painting bukanlah fotografi low-light semata juga, loh. Inilah seluk beluk tentang fotografi light painting.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Secara sederhana, light painting merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan teknik fotografi dengan cara menggerakkan sumber cahaya sepanjang sesi pemotretan menggunakan paparan cahaya dengan waktu lama. Teknik pengambilan gambar dengan kecepatan rana lambat ini sebenarnya telah dipraktekkan sejak 1880-an.

Teknik pemotretan yang kala itu digunakan untuk keperluan ilmiah dan artistik ini seiring waktu terus berkembang dan digemari sejumlah pencinta fotografi. Kompetisi light painting tingkat internasional pun mendapat sambutan hangat dari fotografer-fotografer dunia.

“Light painting ini sebenarnya masuk ke dalam kategori long exposure. Jadi, kita bermain di rana lambat, dari hitungan detik, sampai puluhan detik, bahkan bisa juga mencapai hitungan menit apabila menggunakan kamera mumpuni yang dilengkapi remote atau kabel release,” ujar Abel Brata Susilo.

Fotografer yang acap menggunakan teknik light painting dalam menciptakan karyanya tersebut mengakui bahwa hasil yang didapat dari teknik “menggambar dengan cahaya” ini akan sangat berbeda dengan memotret secara konvensional. “Dengan menggunakan sumber cahaya seperti lampu jenis LED, lampu senter, bahkan cahaya dari ponsel atau sumber cahaya lain, hasil yang didapat akan out of the box,” tambah pria berusia 36 tahun tersebut.

Fotografer lepas yang pernah keluar sebagai juara pada sejumlah ajang lomba foto dan video ini tak menampik, keunikan dari teknik light painting-lah yang membawanya semakin mencintai dunia fotografi. “Basic saya sebenarnya seni lukis atau menggambar, juga komputer. Makanya waktu kecil sering juara menggambar. Seiring perkembangan waktu, saya lebih memilih ke dunia fotografi karena lebih menantang. Apalagi light painting yang terbilang unik. Orang awam pasti bingung bagaimana mendapatkan hasil seperti itu, cahaya membentuk obyek yang amat menarik, tidak seperti foto yang biasa kita lihat.”

Bagi Abel, teknik memotret dengan rana lambat ini tidaklah terlalu memusingkan karena menggambar adalah salah satu bakat yang ia miliki. Dengan segenap imajinasi yang dimiliki, ditambah kamera dan peralatan fotografi, plus lampu LED, karya-karya yang diciptakan akan membuat orang yang memandangnya bisa terheran-heran.