Ingin motret cepat selesai dan foto banyak disukai orang dan tonjolkan suasana ceria, bahagia, bersih ? nah kita mengenal dulu apa itu high key lighting

Dalam fotografi kecerahan dikenal juga dengan istilah brightness.

Brightness itu tentang seberapa banyak cahaya yang diberikan kepada foto yang akan kita ambil. Kecerahan pada foto berasal dari berapa besar nilai exposure yang diberikan, dan seberapa besar cahaya yang kita dapatkan untuk memotret objek foto kita.

Banyak sekali jenis teknik pencahayaan, salah satunya adalah teknik pencahayaan High Key Lighting.

High Key adalah gaya fotografi dimana gambar didominasi warna putih atau terang (highlight) dan hanya sedikit bagian yang gelap. High key bukan over-exposure, exposure bisa dipertahankan dengan tepat sesuai target. Warna terang tidak harus putih bisa warna lain yang penting terang seperti kuning,oranye,cream dan lain-lain. Foto high key biasanya memiliki kontras yang rendah sebab dominan warna putih.

Foto-foto high key memiliki sedikit atau sama sekali tidak memiliki shadow dan kurang kontras,subjek ditampilkan dalam warna yang terang dan hampir sama dengan backgroundnya. Ada sedikit middle tone dan seringkali tone warnanya hampir sama pada keseluruhan gambar. Salah satu subjek high key yang bagus adalah potret orang. Tingkat exposure biasanya tinggi, tapi gambar jangan sampai overexposure.

Untuk pemotretan model, high key berguna untuk menghilangkan bagian kulit model yang terlihat kasar. Sehingga orang tidak melihat detail dari model itu dan memberikan suasana ceria, bersih dan cantik. Foto high key cocok untuk foto prewedding , foto produk, foto keluarga, foto kecantikan (beauty), foto anak dan bayi. Di dalam foto pemandangan, foto high key sering kita jumpai saat memotret salju atau saat berkabut.

Cara memotret High key adalah anda bisa memilih background dengan warna yang cerah seperti putih, kuning dan lain-lain, dan membutuhkan cahaya untuk menerangi subjek dan latar belakang secara merata.Untuk portrait, warna pakaian dan aksesoris juga harus disesuaikan.

Jika mengunakan cahaya yang konstan (bersinar secara kontinyu), maka pengaturan exposure harus disesuaikan ke arah + (lebih terang dari pengukuran/metering kamera).

Light modifier yang dipasang di depan lampu kilat yang efektif biasanya yang berukuran cukup besar sehingga dapat membanjiri subjek dan background dengan cahaya. Antara lain: softbox berukuran besar(80x120cm), oktabox (150cm), background reflector, dan beauty dish (70cm).

Dengan mengunakan light modifier berukuran besar, penyebaran cahaya luas dan cahaya yang jatuh ke subjek bersifat halus. Cahaya yang halus sangat baik untuk pemotretan beauty/kecantikan. Karena cahaya yang menyebar akan mengisi pori-pori, keriput di wajah sehingga terlihat mulus.

Biasanya tantangan yang ditemui di foto high key adalah kita harus benar-benar pintar dan kreatif dalam mengarahkan pose dan gaya. Dengan komunikasi yang baik, kita bisa mendapatkan ekspresi atau momen-momen menarik yang tak terduga.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!