Di era industri 4.0 ini, manusia tentu berkaitan erat dengan segala sesuatu yang berbau digital. Terutama generasi millenial yang saat ini tengah menginjak usia remaja menuju dewasa. Dapat dikatakan social media tentu merupakan sahabat karib dari hampir seluruh remaja. Kerena bagi generasi millenial, di social media mereka bisa mengekspresikan diri mereka sebebas mungkin, tanpa harus terkendala komunikasi secara verbal. Media sosial sendiri hampir seperti buku harian bagi penggunanya. Mereka akan berlomba-lomba untuk menampilkan sisi terbaik dari mereka.

Nah, salah satu media yang paling umum digunakan tentu saja dari foto unggahan di media social. Melalui foto unggahan di media sosial kita bahkan akan tau cerita apa yang ingin disampaikan oleh pemilik akun. Namun tak jarang pula karena kesalahan pencahayaan pada foto, akan memberikan makna ganda yang tidak sesuai dengan citra yang ingin disampaikan. Anggap saja pengunggah ingin menyampaikan kesan dramatis, tapi karena kesalahan pencahayaan bukan dramatis yang didapat tapi justru kesan misterius dan seram yang diberikan. Seperti foto di bawah ini.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
Kesan Seram atau Misterius dari Base Light Photography

Oleh sebab itu disini akan penulis sampaikan cara untuk mendapat kesan dramatis yang baik dengan menggunakan pencahayaan top light.

  1. Siapkan pencahayaan dari arah atas dan pastikan cahaya tepat lebih tinggi dari model.
  2. Posisikan model sedikit menghadap atas agar tidak terbentuk bayangan yang buruk dibawah mata terutama bagi model yang memiliki jenis mata menonjol.
  3. Jangan mengambil gambar full shoot agar tetangkap ekpresi model yang berkesan dramatis dengan baik.
  4. Gunakan background gelap agar kesan dramatis dapat terpancar dengan maksimal.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
Kesan Dramatis dari Top Light Photography

Mudah kan? Jangan sampai hanya karena salah pencahayaan, pesan yang ingin kita sampaikan melalui gambar tidak tersalur dengan baik. Tunggu apalagi? Ayo segera dicoba. Cocok banget buat yang sekarang lagi ngerasa sendu dan pingin jadi puitis.