• Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Selama ini destinasi atau tempat wisata yang terkenal dari Pulau Madura adalah jembatan suramadu. Namun, ternyata pulau Madura memiliki sebuah tempat wisata yang sangat indah dan memanjakan seluruh mata para pengunjung. Nama tempat tersebut adalah Pulau Gili Labak yang terletak di Desa Kombang, Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.  Gili Labak merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di bagian timur pulau Madura. Tempat yang menjadi andalan dari Pulau Gili Labak ini adalah keindahan hamparan pasir putih bersih dan pemandangan laut biru dengan desiran ombaknya yang tenang menambah pesona keindahan pulau ini.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Setelah menginjakkan kaki di bibir pantai, hamparan pasir putih dan pemandangan laut yang indah memancing siapapun yang datang kesini untuk berfoto mengabadikan momen terbaik mereka. Selain itu pengunjung juga dapat berenang, berjemur, dan bersantai di pinggir pantai menikmati pemandangan. Wisata snorkeling di Gili Labak disebut sebagai wisata bawah laut terbaik di Jawa Timur, air lautnya bening sehingga dengan mata telanjang pengunjung dapat melihat bebatuan indah di dalam air, bahkan sampai kedalaman 50 cm. Persewaan alat snorkling pun juga sudah tersedia di sana. Jangan lupa untuk menyiapkan kamera underwater agar dapat mengabadikan keindahan pemandangan bawah laut.

Pesona Alam pantai yang membentang diseluruh pinggir pulau tersebut, akan memudahkan para pengunggujung untuk memperoleh spot sunset dan sunrise terbaik. Pulau Gili Labak mempunyai luas sekitar 5 hektar sehingga pengunjung yang ingin berkeliling di pulau ini hanya membutuhkan waktu 20-30 menit dengan berjalan kaki. Pulau ini pun juga sudah berpenghuni kurang lebih sekitar 35 kepala keluarga. Fasilitas pendukung seperti kamar mandi, tempat ibadah, penginapan sederhana dan warung tersedia di sana. Sehingga, jika akan berwisata kesana tidak perlu repot – repot membawa makanan atau bekal sendiri dari rumah. Namun sayangnya, disana belum menyediakan jaringan pembangkit listrik di, sehingga listrik hanya menyala beberapa jam saja mulai petang hingga pukul 20.00 dengan bantuan genset.

Untuk menuju ke Pulau Gili Labak hanya dapat ditempuh melalui jalur darat dengan cara menggunakan kendaraan pribadi atau bus dari Terminal Bungurasih, Surabaya menuju Sumenep. Perhentian terakhir adalah Pelabuhan Kalianget, Sumenep kemudian pengunjung menyewa perahu PP (pulang-pergi) dari Kalianget menuju Pulau Gili Labak dengan biaya Rp 350.000, dengan kapasitas perahu sekitar 15 orang.