Assalamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh

Bagaimana kabar kalian sobat redaksi? Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah. Oke, kali ini saya akan melanjutkan berbagi ilmu yang telah saya dapatkan tentang pemrograman web. Dari judulnya sudah tahu kan apa yang akan saya bahas disini. Yup, saya akan melanjutkan pembahasan mengenai bagaimana cara membuat database.

Pada artikel sebelumnya saya telah membahas bagaimana cara membuat database dengan cara menginput data melalui kode programnya. Nah, pada kesmpatan kali ini saya akan berbagi info bagaimana cara memasukkan data tanpa melalui kode programnya melainkan langsung memasukan data dari browser. Yuks, langsung aja.

Untuk memasukkan data langsung dari browser tanpa mengubah kode kita perlu menggunakan yang namanya query insert. Query insert ? Apaan tuh ?? hahaha. Oke, saya akan kenalkan apa itu query insert.

Query dalam bahasa pemrograman meliputi informasi yang diterima atau diambil dari database. Bahasa pemrograman ini berguna untuk memanipulasi data – menambah, menghapus, dan mengubah data. Query ada 4 yaitu insert, select, delete, dan update.

Nah, untuk menambahkan data, yang digunakan adalah query insert

selain itu saya juga akan membagikan cara bagaimana melihat data-data yang telah diinput tanpa menggunakan PHP myadmin akan tetapi langsung bisa tampil di browser. Perintah SELECT digunakan untuk menampilkan data table yang terdapat dalam database.