Muhammad Andhika Dwi Putra

1110191055

 

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan apa itu pointer sebelum kita menuju ke prakteknya alangkah baiknya kita mengetahui tujuan dan definisi dari pointer itu sendiri.

 

TUJUAN : Mempelajari penggunaan variable poniter yang dipaduka dengan variable bertipe integer, array dan string serta pengunaan pointer dalam suatu fungsi, baik sebagai penunjuk fungsi atau sebagai argument fungsi. Dipelajari juga pointer yang menunjuk pointer lain.

 

TEORI : Suatu pointer adalah suatu variable yang menyimpan alamat dari suatu variable yang ditunjukan oleh pointer yang bersangkutan. Karena data yang ditunjukan oleh pointer bervariasi, maka tipe dari pointer harus disesuaikan dengan tipe data yang ditunjuk, untuk memeperkirakan ukuran data yang ditunjuk, sehingga alokasi memori terjaga dengan baik. Pointer berguna untuk mentransfer data yang mempunyai kapasitas besar, melalui suatu fungsi. Pointer sangat erat kaitannya dengan array, sehingga variable pointer dapat mengartikan fungsi dari variable array.

 

Sebelum kita menuju penugasan berikut adalah beberapa percobaan untuk memantapkan pemahaman dari pointer itu sendiri.

 

PERCOBAAN 1:

PERCOBAAN 2:

PERCOBAAN 3:

PERCOBAAN 4:

PERCOBAAN 5:

Sekian dari saya semoga memantu