Hallo selamat pagi, siang, sore, malam untuk semua kawan-kawan disana. Bagaimana kabarnya hari ini? pada baik semua kan pastinya hehe. Pada kesempatan kali ini ijinkan saya untuk membagi ilmu tentang pemrograman yaitu PENGGUNAAN POINTER & PENGGUNAANNYA DALAM FUNGSI. Tujuan saya membagi ilmu ini yaitu untuk membuat kawan-kawan semua mengerti dan paham mengenai variabel pointer yang dipadukan dengan variabel bertipe integer, array dan string serta penggunaan pointer dalam suatu fungsi, baik sebagai penunjuk fungsi atau sebagai argument fungsi, selain itu disini saya juga bertujuan untuk membuat kawan-kawan memahami tentang pointer yang menunjuk pointer lainnya.

Hal pertama yang kita harus tau yaitu apa itu pointer, Pointer adalah suatu variabel yang menyimpan alamat dari suatu variabel yang ditunjuk oleh pointer yang bersangkutan. Karena data yang ditunjuk oleh pointer bervariasi, maka tipe dari pointer harus disesuaikan dengan tipe data yang ditunjuk. Untuk memperkirakan ukuran data yang ditunjuk, sehingga alokasi memori terjaga deangan baik. Pointer berguna untuk mentransfer data yang mempunyai kapasitas besar, melalui suatu fungsi. Pointer sangat erat kaitannya dengan array, sehingga variabel pointer dapat menggantikan fungsi dari variabel array.

Nah setelah teori kawan sudah memahaminya, saatnya kita akan menuju pada penerapan atau praktek pada aplikasinya. Untuk aplikasinya kawan-kawan dapat mengunakan aplikasi apa saja yang berhubungan dengan pemrograman, namun disini saya menggunakan aplikasi CodeBlocks agar lebih mudah dalam mempelajari dan memahaminya. Praktek dari variabel pointer ini akan saya bagikan pada kesempatan berikutnya, dan ingat untuk terus pantengin blog ini karena dalam blog ini banyak materi dan ilmu yang kawan-kawan dapat gunakan untuk keperluan pemrograman dalam kehidupan sehari-hari.

Latihan dan penerapan pointer

  1. Membuat program untuk menyimpan bilangan pecahan acak sebanyak 12 bilangan, yang disimpan dalam suatu array. Mengurutkan bilangan-bilangan tersebut dan tampilkan sebelum dan sesudah diurutkan menggunakan index aray dan pointer.

#include <stdio.h>
int main()
{
int i,j,n,t, A[100];
int *p_A;

printf(“Masukkan banyak data : “); scanf(“%d”, &n);

for(i=1; i<=n; i++)
{
printf(“Data %d = “, i); scanf(“%d”, &A[i]);
}

for(i=1; i<=(n-1); i++)
{
for(j=n; j>=(i+1); j–)
{
if(A[j-1]>A[j])
{
t=A[j-1];
A[j-1] = A[j];
A[j] = t;
}
}
}

printf(“\nUrutannya adalah : “);
for(i=1; i<=n; i++)
{

printf(“%d \n”, A[i]);

}
for(i=1; i<=n; i++)
{

printf(” index pointer = “);

printf(” %d\n”, p_A);
p_A++;
}
}

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

2. Program yang menyimpan data karakter ‘X’ pada suatu array berdimensi 12×12, kemudian menampilkan menggunakan index pointer.

#include<stdio.h>
#include<stdlib.h>
#include<string.h>
main()
{
static int a[12][12],b,c,*d,e,f,g;
char h[8],*i;
menu1:
g=1;
for(e=0;e<12;e++)
{
for(f=0;f<12;f++)
a[e][f]=48;
}
menu2:
system(“cls”);
d=&a;
printf(“\n\r”);
for(e=1;e<13;e++)
{
for(f=1;f<13;f++)
printf(“%2c”,*d++);
puts(“”);
}
if(g>1)
{
printf(“\n Ketik ‘lanjut’ untuk melanjutkan.”);
printf(“\n Ketik ‘ulang’ untuk mengulang dari awal.”);
printf(“\n Ketik ‘exit’ untuk keluar.\n “);
gets(h);
gets(h);
i=strlwr(h);
if(strcmp(i,”lanjut”)==0)
{
g=1;
goto menu2;
}
else if(strcmp(i,”ulang”)==0)
goto menu1;
else if(strcmp(i,”exit”)==0);
else goto menu2;
}
else
{
g++;
printf(“\n Masukkan koordinat matrix dengan jarak 1 – 12 …\n “);
scanf(“%d%d”,&c,&b);
-b;
-c;
a[b][c]=120;
goto menu2;
}
}

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

 

Nah itulah dia latihan penerapan dari fungsi pointer, semoga teman-teman dapat mengerti dan bisa dalam melakukan pemrograman dengan fungsi pointer, sebenarnya pemrograman itu dapat dengan mudah kita pelajari asalkan ada kemauan dalam mempelajarinya. Sekian dari saya semoga semua yang saya berikan dapat teman-teman pelajari dengan baik dan dapat bermanfaat untuk teman-teman dan sekitarnya. saya ucapkan terima kasih atas perhatian dan waktunya dan stay tune in this blog!.