Assalamu’alaikum cah,,
gimana kabar kalian semua, masih baik bukan. sudah lama nih saya tidak meng’update tentang toturial-tutorial tentang pemrograman. Kali ini saya akan memberikan sebuah tutorial lagi yang mana tutorial ini membahas tentang Variabel Pointer, tapi ini masih membahas tentang pendahuluannya.
apakah kalian semua sudah tahu sebelumnya apa itu variabel pointer, jika belum tahu mari simak penjelasannya di bawah ini.
TUJUAN
- Mempelajari penggunaan variabel pointer yang dipadukan dengan variabel yang bertipe integer, array, dan string.
- Serta mempelajari penggunaan pointer dalam suatu fungsi, baik sebagai penunjuk fungsi atau sebagai argument fungsi.
TEORI
Suatu pointer adalah suatu variabel yang menyimpan alamat dari suatu variabel yang ditunjuk oleh pointer yang bersangkutan. karena data yang ditunjuk oleh pointer yang bervariasi, maka tipe dari pointer harus disesuaikan dengan tipe data yang ditunjuk, sehingga alokasi memori terjaga dengan baik.
Saya akan membagikan beberapa contoh yang terdapat di buku panduan yang dapat kalian pahami setelah memahami penjelasan pengertiannya.
PERCOBAAN 1
#include <stdio.h>
void main()
{
int y, x = 2002; /* x & y bertipe int */
int *px; /* var pointer menunjuk data tipe int */
px = &x; /* px diisi alamat dari variabel x */
y = *px; /* y diisi nilai yang ditunjuk oleh px */
printf(“Alamat x = %p\n”, &x);
printf(“Isi px = %p\n”, px);
printf(“Isi x = %d\n”, x);
printf(“Nilai *px = %d\n”, *px);
printf(“Nilai y = %d\n”, y);
getch();
}
PERCOBAAN 2
#include <stdio.h>
void main()
{
int a,*b,**c;
a = 100;
b = &a;
c = &b;
printf(“Nilai a = %d atau %d atau %d\n\n”, a, *b, **c);
printf(“b = %p = alamat a di memori\n\n”, b);
printf(“c = %p = alamat a di memori\n\n”, c);
printf(“amalat c di memori = %p\n\n”,&c);
getch();
}
PERCOBAAN 3
#include <stdio.h>
void naikkan_nilai(int *x, int *y);
main()
{
int a = 3, b = 7;
printf(“SEMULA : a = %d b = %d\n”, a, b);
naikkan_nilai(&a, &b);
printf(“SEKARANG : a = %d b = %d\n”, a, b);
getch();
}
void naikkan_nilai(int *x, int *y)
{
*x = *x + 2;
*y = *y + 3;
}
setelah di build and run di layar akan muncul Semula yang nilai a nya ‘3’ menjadi ‘5’ dan semula nilai b nya ‘7’ menjadi ’10’.
TUGAS
1.
Membuat program untuk menyimpan bilangan pecahan acak sebanyak 12 bilangan.
#include<stdio.h>
main()
{
int a,b[15],c,d;
printf(“\n Angka sebelum diurutkan …\n”);
for(a=1;a<13;a++)
{
printf(” Angka ke %d = “,a);
scanf(“%d”,&b[a]);
}
printf(“\n Angka setelah diurutkan …\n”);
for(a=1;a<13;a++)
{
for(d=a+1;d<13;d++)
{
if(*(b+a)>*(b+d))
{
c=*(b+d);
*(b+d)=*(b+a);
*(b+a)=c;
}
}
printf(” Angka ke %d = %d\n”,a,*(b+a));
}
}
Dari perintah yang di berikan pada soal nomer 1 yaitu di suruh untuk mengurutkan dari angka yang terkecil ke terbesar pada suatu deret angka yang disusun secara acak. dan dapat dilihat pada hasil percobaan yang telah saya lakukan dengan mnggunakan formula seperti di atas, soal tersebut dapat teratasi. prinsip dari formula di atas yaitu menempatkan nilai yang terkecil untuk du susun terlebih dahulu.
semoga kalian yang disana faham ya…
sekian dari saya, bila kurang jelas bisa di tanyakan pada kolom komentar 🙂
wassalamu’alaikum…
Recent Comments