Sebagai orang yang suka bermain game meskipun belum bisa disebut gamer, tentu saya bertanya apa game terbaik 2019 ini. Kalau kita telusuri lewat Google, pasti kita temukan banyak situs yang sudah menuliskan game-game terbaik menurut versi mereka masing-masing. Sayangnya, setiap situs punya jagoannya masing-masing dan juga masih banyak situs yang isinya hampir sama persis dengan situs yang lain tanpa ada penjelasan yang unik.

Mungkin teman-teman juga sudah mempunyai game jagoan masing-masing untuk menyatakan yang game terbaik 2019 dengan alasan yang sama-sama masuk akal. Jadi saya tidak ingin mempertentangkan setiap alasan untuk mendapatkan game terbaik 2019 ini. Soal main game itu juga soal selera. Hanya saja saya mencoba mencarinya dengan menggabungkan semua informasi tentang game terbaik yang ada di internet.

Game terbaik 2019 1
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Game terbaik 2019 1

Saya mengambil 15 situs secara acak yang kebetulan menuliskan tentang game terbaik 2019. Namanya juga acak, jadi tidak ada alasan khusus dalam memilih situs tersebut. Asalkan muncul ketika dicari lewat Google, ya saya masukkan. Dari semua situs ini, memang mereka punya jagoan sendiri-sendiriĀ  meskipun ada beberapa situs yang menunjukkan kemiripan.

Setelah saya mendapatkan data tersebut, saya mencoba menentukan pilihan untuk mendapatkan game terbaik 2019. Cara pertama yang saya lakukan adalah menghitung frekwensi kemunculan game. Misalnya game PUBG Mobile, itu muncul berapa kali. Dengan bantuan program Excell hal ini tidak sulit dilakukan. Berikutnya saya potong hanya 10 game dengan freekwensi terbanyak. Hasilnya adalah tabel berikut ini.

game terbaik 2019 2
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

game terbaik 2019 dengan frekwensi kemunculan

Tabel di atas menunjukkan bahwa game Mobile Legends muncul di 8 situs yang berbeda, game PUBG muncul di 7 situs yang berbeda dan game Garena Free Fire muncul di 6 situs yang berbeda. Hal ini menunjukkan game Mobile Legends, PUBG Mobile dan Garena Free Fire bisa disebut sebagai game terbaik 2019. Hasil ini tidak mengejutkan karena memang Mobile Legends dan PUBG Mobile juga sudah berjaya. Yang menarik adalah Garena Free Fire. Game ini tiba-tiba menyeobok di urutan ketiga bahkan mampu berada di atas game Garena Speed Drifters yang berasal dari komunitas yang sama.

Saya belum puas dengan hasil ini. Memang frekwensi kemunculan bisa menjadi salah satu parameter dalam menentukan game terbaik, tetapi bukan satu-satunya. Di setiap situs juga dituliskan urutan dari masing-masing game. Saya coba pertimbangkan urutan yang sudah dituliskan oleh masing-masing situs dengan memberikan skor pembobot. Urutan 1 saya beri skor 3, urutan 2 saya beri skor 2, dan berikutnya saya beri skor 1. Hasilnya adalah tabel berikut ini.

game terbaik 2019 3
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

game terbaik 2019 dengan pembobot

Ternyata hasilnya tidak berbeda jauh. Bahkan untuk game dengan 3 urutan terbaik masih ada di Mobile Legends, PUBG Mobile dan Garena Free Fire. Bahkan ketiga game ini mempunyai total skor yang jauh meningggalkan yang lainnya. Hasil ini juga menguatkan kesimpulan bahwa tiga game ini menjadi game terbaik 2019.

Di bawah tiga besar, ada dua game yang masih bercokol ketika dihitung dengan dua cara yang berbeda yaitu Clash Of Clans dan Lords Mobile. Kedua game ini ternyata masih bertahan meskipun sebenarnya puncak keemasannya sudah lama berlalu. Nah, bagaimana menurut teman-teman?

 

Ditulis oleh Ki Suki.