Assalamualaikum temen-temen…

Kali ini,Aku akan bahas materi tentang Variabel Pointer dan Penggunaannya dalam Fungsi. Mempelajari variable pointer yang dipadukan dengan variabel bertipe integer,array,dan string serta penggunaan pointer dalam suatu fungsi,baik sebagai petunjuk fungsi atau sebagai argument fungsi. Dipelajari juga pointer yang menunjuk pointer lainnya.

Pointer adalah reference atau alamat memori. Variabel pointer berarti variabel yang berisi alamat memori suatu nilai. Pointer berguna untuk mentransfer data yang mempunyai kapasitas besar,melalui suatu fungsi.Sebagai contoh sebuah variabel bertipe integer memiliki nilai 4, maka yang dimaksud pointer adalah alamat memori dimana nilai 4 disimpan, bukan nilai 4 itu sendiri. Pointer sangat erat kaitannnya dengan array,sehingga variable pointer dapat mengggantikan fungsi dari variable array.

Variabel-variabel yang memiliki reference atau alamat pointer yang sama, saling berhubungan satu sama lain dan nilainya pasti sama. Ketika ada perubahan nilai, maka akan memberikan efek kepada variabel lain (yang referensi-nya sama) yaitu nilainya ikut berubah.

Nilai default variabel pointer adalah nil (kosong). Variabel pointer tidak bisa menampung nilai yang bukan pointer, dan sebaliknya variabel biasa tidak bisa menampung nilai pointer.

Ada dua hal penting yang perlu diketahui mengenai pointer:

  • Variabel biasa bisa diambil nilai pointernya, caranya dengan menambahkan tanda ampersand (&) tepat sebelum nama variabel. Metode ini disebut dengan referencing.
  • Dan sebaliknya, nilai asli variabel pointer juga bisa diambil, dengan cara menambahkan tanda asterisk (*) tepat sebelum nama variabel. Metode ini disebut dengan dereferencing.
  1. Mengakses isi suatu variable melalui pointer

2. Mengamati persamaan penggunaan variable index pada array dan penggunaan variable index pada pointer untuk menunjuk suatu nilai data di dalam suatu variable array

3.Pointer yang menunjuk pointer yang lain

4.Fungsi dengan argumen berupa pointer

5.Suatu fungsi dapat mempunyai nilai balik bertipe pointer.

6.Penggunaan fungsi *strlwr(str)

7.Membuat program untuk menyimpan bilangan pecahan acak sebanyak 12 bilangan yang disimpan di dalam array. Urutkan bilangan tersebut,tampilkan sebelum dan sesudah diurutkan

8.Buat program yang menyimpan karakter ‘X’ pada suatu array berdimensi 12 x 12

Terimakasiiih…