Kasus bullying saat ini tengah marak terjadi, baik itu di Indonesia maupun di luar Indonesia. Bully biasamya berupa perilaku kekerasan fisik ataupun mental yang dilakukan oleh satu orang atau lebih dengan cara mengintimidasi ataupun melakukan penyerangan terhadap orang lain.  Namun saat ini bully tidak hanya dilakukan secara langsung, banyak sekali kasus bully yang terjadi di social media. Maraknya social media membuat orang lebih ekspresif dan lebih kreatif dalam menggunakan social media. Namun, masih banyak orang-orang tersebut yang men judge ataupun mengolok-olok hasil karya orang lain dan itu bisa memancing opini public dan membuat public jadi ikut mengolok-oloknya.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Cyber bullying adalah cara bully yang saat ini sering sekali dilakukan. Pelaku hanya perlu memakai social media untuk menjatuhkan korbannya dengan serangan mental tentunya.  Dibandingkan dengan kekerasan fisik pada bullying.cyber bullying sebenarnya yang paling parah dan bahkan bisa memakan korban jiwa.  Bully tidak hanya menyerang mental anak-anak saja. Tidak sedikit pula orang-orang dewasa yang terdampak bully yang melakukan tindakan bunuh diri. Terutama pada kalangan selebriti. Dengan banyak nya antifans dan opini public yang menyudutkan mereka membuat mereka depresi, rendah diri, sulit tidur juga. Dampak lain dari cyber bullying mereka bisa jadi malah bergerak ke obat-obatan terlarang karena ingin menghibur dirinya sendiri.

Yang saat ini ramai di perbincangkan adalah kasus bunuh diri dari salah seorang artis K-Pop Sulli. Dia mendapatkan perlakuan kurang baik di Media Sosial secara terus menerus. Dengan menyerang dengan kata-kata kasar, mengoloknya dan banyak kata-kata yang membuat dia merasa depresi dan memutuskan untuk mengakhiri hidupnya.

Maka dari itu kita harus aware terhadap kondisi sekitar dan jagan mudah terpancing opini public sehingga ikut andil dalam cyber bullying. Mulailah berpikiraan dari berbagai sisi dan lebih menerima keberagaman orang lain. Dan juga menjadi pembully bukan menjadikan orang  terlihat terhormat. Namun bisa membuatmu di lingkupi perasaan bersalah jika korbanmu melakukan hal-hal yang negative karena perbuatanmu.

Tidak bisa dipungkiri lagi kalau memang bullying sangat berdampak pada kondisi psikologis mental. Tidak hanya oleh anak-anak namun juga oleh orang dewasa. Mulailah bijak dalam bertutur kata dan gunakan media social untuk hal yang lebih bermanfaat.