MENGEMBANGKAN FUNGSI-FUNGSI SENDIRI

 

TUJUAN

Mempelajari pembuatan fungsi-fungsi diluar fungsi-fungsi yang ada, serta mempelajari penggunaan variabel global, local, eksternal, otomatis, statis, dan register.

 

TEORI

Suatu fungsi adalah bagian program yang terpisah dari fungsi program utamanya main() dan berdiri sendiri untuk mengerjakan suatu proses tertentu. Suatu fungsi dapat digunakan sebagai fungsi itu sendiri, subrutin, dan prosedur seperti istilah yang digunakan pada bahasa pemograman BASIC dan PASCAL. Tujuan digunakannya fungsi adalah untuk mencegah penggunaan program secara berulang-ulang, sehingga program menjadi sangat panjang. Pada percobaan-percobaan sebelumnya telah digunakan fungsi-fungsi dari C, seperti printf(), clrscr(), scanf(), getch(), puts(), for(), dan sebagainya, maka di sini dicoba untuk membuat fungsi baru dimana tidak ada dalam pustaka bahasa C (Turbo C). Secara aturan fungsi baru dibuat setelah fungsi main() dibuat. Sehingga penempatan fungsi adalah dibawah fungsi main(). Seperti fungsi-fungsi yang ada di dalam #include. Bila fungsi diletakkan di atas fungsi main() maka tidak diperlukan deklarasi fungsi lagi.

 

PROGRAM PERCOBAAN

6.4.1 Untuk membuat fungsi maka disiapkan nama fungsi cetak_pesan(). kemudian bila diletakkan dibawah fungsi main(), maka fungsi tersebut harus dideklarasikan di atas fungsi main(). fungsi ini dipanggil 5 kali.

 

#include<stdio.h>

#include<conio.h>

void cetak_pesan(void);

void main()

{

int i;

for(i=1; i<=5; i++)

{

printf(“Pesan ke-%d : “, ;

cetak_pesan();

}

getch();

}

void cetak_pesan()

{

printf(“Ini dulu! baru itu!\n\n”);

}

 

TUGAS

Membuat fungsi kabisat() yang akan memberikan nilai balik 1 bila tahun adalah kabisat, dan 0 bila tahun bukan kabisat.

 

6.5.1

#include<stdio.h>
#include<conio.h>
void kabisat(int k)
{
int r;
if(k%4==0){
r = 1;
}
else
r = 0;
}
main ()
{
int k, r;
printf(“Program Penentu Kabisat atau tidak”);
printf(“\n1 = tahun kabisat”);
printf(“\n0 = tahun bukan kabisat”);
start:
printf(“\n\nMasukkan tahun = “); scanf(“%d”, &k);
printf(“\n%d”, kabisat(k));
goto start;
getch();
}