السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Selamat pagi teman – teman 🙂 kembali lagi bersama saya Alifia Azzahra dari 1 d4 Elektronika B. Pada blog kali ini, saya akan membahas tentang praktikum keempat yakni berjudul ” Statement Penentu Keputusan “. Tujuan dari praktikum keempat ini adalah agar kita mempelajari penggunaan statement penentu keputusan yaitu statement if – else. Memanfaatkan Statement if – else untuk membuat proses perulangan dengan mengkombinasikan statement goto – label. Kemudian mempelajari statement if – else bersarang, statement else – if  dan statement switch – case.

Langsung aja yukkk enjoyyy:))

TEORI

  • Statement if – else : Digunakan untuk menentukan pilihan dari suatu kondisi yang diberikan. Prinsipnya yaitu melakukan suatu perbandingan Relational Operator atau Logical Operator, apabila suatu kondisi terpenuhi (benar, sesuai dengan perbandingan) maka mengerjakan proses A dan apabila kondisi tidak terpenuhi (salah) maka tidak akan mengerjakan proses A atau juga dapat mengerjakan proses lain misalkan B. Proses A dan B dapat berupa satu baris statement atau beberapa baris yang dikelompokan (Compound Statement).
  • Statement if-else bersarang merupakan kombinasi dari beberapa if-else, dimana apabila terdapat kondisi yang harus diuji kebenarannya secara bersama (if dalam if).
  • Statement else-if adalah cara lain dari bentuk if-else, yang digunakan untuk menentukan kondisi yang benar dari bebrapa kondisi yang ada.
  • Statement switch-case adalah bentuk lain dari statement else-if, dengan mendaftar kondisi secara vertical dalam suatu kolom sehingga memudahkan dalam hal evaluasi pemograman.

TUGAS

4.5.1 Membuat program untuk menentukan bilangan ganjil atau bilangan genap dari bilangan yang dimasukkan melalui keyboard

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

4.5.2 Membuat program untuk menentukan kelompok suatu karakter yang dimasukkan melalui keyboard. Kelompok karakter tersebut adalah huruf kecil,huruf besar,angka, dan karakter khusus ( tanda baca, operator dsb )

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

4.5.3 Membuat program kalkulator sederhana. Program harus memungkinkan user untuk mengetik ekspresi dengan bentuk :

  • perator yang digunakan adalah * / + – % & | S E
  • Operator S memerintah program untuk men – set ” accumulator ” untuk menyimpan angka yang diketik oleh user.
  • Operator E memerintah program untuk mengakhiri program

 

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

4.5.4 Membuat program untuk menentukan suatu tahun kabisat /  bukan yang dimasukkan malalui keyboard, di mana tahun dibatasi dari tahun 1990 sampai dengan 2005

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

4.5.5 Membuat program untuk menghitung determinan ( D ) dan mencari akar- akar dari persamaan kuadrat :

Ax^2 + BX + C = 0 dimana D = b^2 – 4 A C

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Sekian dari saya semoga bermaanfaat yaa teman-teman.

Wassalamualaikum. Wr. Wb