Assalamualaikum Wr. Wb

Hai kalian semua, bagaimana keadaan kalian semua, semoga kalian dalam keadaan baik-baik saja.Nah pada kali ini ada materi baru teman-teman. Materi nya yaitu STATEMENT PENENTU KEPUTUSAN. Mungkin masih banyak yang bingung apa sih itu, apa sih tujuan nya. Nah disini kita akan membahasnya.

Sebelum itu, tujuan nya untuk mempelajari dan mengamati penggunaan statement penentu keputusan yaitu statement if-else. Memanfaatkan statement if-else untuk membuat proses perulangan yaitu dengan kombinasi dengan statement goto-label. Mempelajari bentuk lain dari dari statement if-else yaitu statement else-if. Mempelajari penggunaan dari statement switch case sebagai alternatif pengganti dari dari stat else-if. Sebelum jauh membahas materi ini, lebih baik kita mengetahui teorinya.

1. Teori

Statement if-else digunakan untuk menentukan pilihan dari dari suatu kondisi yang yang diberikan. Cara kerjanya ialah melakukan perbandingan menggunakan relational operator dan/atau logical operator, apabila suatu kondisi terpenuhi(benar) maka akan mengerjakan proses A dan apabila kondisi tidak terpenuhi(salah) maka tidak akan mengerjakan proses A atau mengerjakan proses lain yaitu proses B. Proses A dan B dapat berupa baris statement atau beberapa baris statement. Statement if-else bersarang merupakan kombinasi dari beberapa if else. Statement else-if adalah cara lain dari bentuk if-else, yang digunakan untuk menentukan kondisi benar. Statement switch-case adalah bentuk lain dari statement else-if.

2. Program Percobaan

3.4.3 Menentukan keputusan bahwa suatu nilai termasuk dalam suatu batas jangkauan suatu nilai tertentu. Program dibawah ini menunjukkan bahwa suatu karakter yang dimasukkan melalui keyboard adalah termasuk karakter kecil atau bukan

 

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

3. Tugas

3.5.1 Membuat program untuk menentukan bilangan ganjil atau bilangan genap dari bilangan yang dimaksud melalui keyboard.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

 

3.5.2 Membuat program untuk menentukan kelompok suatu karakter  yang dimasukkan mealui keyboard. Kelompok karakter tersebut adalah huruf kecil, huruf besar, angka, dan karakter khusus (tanda baca, operator dsb).

-contoh yang menyatakan huruf besar.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

-contoh yang menyatakan angka.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

 

3.5.3 Membuat program kalkulator sederhana. Program harus memungkinkan user untuk mengetik ekspresi dengan bentuk:

Bilangan Operator

-Operator yang digunakan adalah: * / + – % & | S E

-Operator¬† S memerintah program untuk men-set “Accumulator” untuk menyimpan angka yang diketik oleh user.

-Operator E memerintah program untuk mengakhiri program.

 

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

3.5.4 Membuat program untuk menentukan suatu tahun kabisat atau bukan yang dimasukkan melalui keyboard, dimana tahun dibatasi mulai dari tahun 1900 sampai dengan tahun 2005.

 

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

 

3.5.5 Membuat program untuk menghitung determinan (D) dan mencari akar-akar dari persamaan kuadrat: Ax^2+Bx+C=0 dimana D=B^2-4AC.

-Jika D = 0, maka akar-akarnya kembar, yaitu: x1=x2=-B/2A

-Jika D > 0, maka akar-akarnya berbeda,

-Jika D < 0, maka akar-akarnya imaginer berlainan

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

 

 

Sekian dari saya semoga dapat bermanfaat, sampai jumpa di lain kesempatan.

Wassalamualaikum Wr. Wb