Perkembangan teknologi game dalam bidang kompetisi game tidak bisa dihindari lagi. Terlebih lagi setelah e-sport dipertandingkan secara resmi baik dalam skala regional, nasional bahkan internasional. Saat ini e-sport bukan lagi sekedar bertanding bermain game, tetapi sudah menjadi sebuah cabang olahraga yang dipertandingkan. Sea Games mendatang secara resmi mempertandingkan e-sport ini  setelah dalam Asian Games kemarin e-sport dipamerkan sebagai sebuah eksebisi.

Mengamati perkembangan e-sport di Indonesia merupakan hal yang menarik untuk didiskusikan. Di luar adanya pro-kontra yang masih bergulir, perkembangan e-sport di tanah air ini mulai menunjukkan trend positif. Salah satunya seperti yang ditunjukkan oleh Google Trends berikut ini.

Trend dari e-sport di Indonesia
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Trend dari e-sport di Indonesia

Grafik perkembangan e-sport yang ditampilkan oleh Google Trends menunjukkan perkembangan e-sports di tanah air mulai mengalami peningkatan pada tahun lalu (2018). Pada tahun 2018 tersebut terdapat kenaikan signifikan pada awal Agustus 2018. Hal ini tepat bersamaan dengan waktu Asian Games yang mempertandingkan e-sport sebagai eksebisi untuk menjadi salah satu cabang olahraga. E-sport mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia secara luas, dan setelahnya akses mengenai e-sport naik lagi perlahan.

Pada awal 2019 terjadi lagi kenaikan trend mengenai e-sport. Kenaikan ini terlihat di sekitar Maret 2019, bertepatan dengan diselenggarakannya kompetisi e-sport piala presiden. Trend e-sport semakin naik dari hari ke hari. Tentu saja hal ini terjadi mengingat Indonesia memang sedang mempersiapkan diri menghadap Sea Games mendatang.

Naiknya trend e-sport ini tidak terlepas dari tumbuhnya komunitas-komunitas e-sport di Indonesia. Sebut saja Indonesia E-sport Association (IeSPA), Blizzgamer, Heartstone Indonesi (HSID),  EVOS, Garena dan masih banyak yang lainnya.  Komunitas-komunitas ini mempunyai karakter dan spesifikasi game yang berbeda. Memang jumlahnya masih belum sebanding dengan jumlah penduduk Indonesia. Indonesia mempunyai peluang besar berjaya di dunia e-sport ini mengingat jumlah penduduk Indonesia yang besar dan naiknya penggunaan smartphone untuk game.

Persoalan yang dihadapi Indonesia dalam bidang e-sport  saat ini adalah bagaimana memanage potensi yang besar ini untuk bisa membawa nama Indonesia lebih berkibar di tingkat dunia. Hal ini tidak hanya memerlukan pengembangan infrastruktur di bidang internet dan game, namun juga pembinaan yang terus-menerus untuk bisa mencari, melatih dan menghasilkan talenta yang luar biasa di bidang e-sport ini.

 

Ditulis oleh: Ki Suki