Oke, mari kita lanjutkan materi pemrograman sampai pada materi….

 

Wait,

Belum ada pembuka 😁

 

Assalamualaikum warahmatullah Wabarokatuh.

Selamat kembali berjumpa,
dengan rasa syukur yang sepatutnya tak berkurang dan keantusiasan dalam menjalani komitmen sebagai insan yang berguna bagi Nusa, Bangsa, dan Negara.

 

Sebelumnya kita telah mengupas sedikit, Expression dan Statement. Materi ini akan terulang kembali tentunya pada seluruh rangkaian pemrograman karena lagi, ini merupakan dasar yang memenuhi syarat program dapat berjalan. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas pasal

RELATION, LOGICAL, ASSIGMENT AND CONDITIONAL

 

Ini adalah beberapa jenis Operator yang digunakan dalam bahasa C

Relation

jika ditranslate artinya ialah Relasi atau Hubungan. Operator yang digunakan untuk membandingkan dua Operand. Yang termasuk merupakan Relation Operator ialah  < , > , = , != (≠). Output akan memberikan informasi berdasarkan data dan program yang menjalankan dengan nilai 0 atau 1. Jika 5 >= 5 ,maka hasilnya 1 (benar). Jika 5!=5, maka hasilnya 0.
Untuk mengombinasikan operator diatas, maka perlu digunakan Logical Operator.

Logical Operator dalam ilmu Matematika sama bahasannya tentang permasalahan yang diselesaikan secara logic. Logical Operator terdiri dari AND, OR , dan Inv / Not. Sama halnya dengan logika matematika, logika dalam pemrograman juga merepresentasikan hasil keterkaitan antar Operand. Contohnya ialah AND , jika dua input memiliki nilai yang sama yakni 1, maka hasil output ialah 1. (Ingat! Input harus bernilai 1). Begitu juga pada OR, jika dua input memiliki satu saja yang memiliki nilai 1, maka hasil output ialah 1.

ASSIGMENT Operator
secara bahasa diartikan sebagai penugasan. Operator ini identik dengan halnya operator aritmatika. Hanya saja ada tanda “sama dengan”nya. ( += , -= , *= , /= , %= ).

Conditional Operator, singkatnya adalah Pengambilan keputusan sederhana. Operator ini memiliki 2 karakter yaitu ? Dan : (Titik dua / Colón).

Berikut beberapa percobaan yang dilakukan.

1. Logika 0 dan 1

Bahasa dalam komputer atau sejenisnya merepresentasikan angka 0 dan 1 sebagai jawaban dari suatu pertanyaan “ya” atau “tidak”. Biasanya komputer akan merespon “1” jika dinyatakan benar, dan “0” jika dinyatakan salah.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

2. Perbandingan

Disini kita menggunakan input yang telah ditetapkan. Tetapi program diharapkan mampu menentukan nilai akhir yang ditanyakan dengan operator Relation.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

3. Logika dan Perbandingan

Program ini diusahakan untuk menemukan hasil akhir dari input data yang dimasukkan dengan bebas, dimana dengan ketentuan hasil akhir ialah nilai yang paling besar dari perbandingan ke empat nilai input.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

 

Pada beberapa percobaan diatas, program diperintahkan untuk melalukan perbandingan berdasarkan penulisan fungsi relasi dan logika. Pada penggunaan operator perbandingan misalnya, ketika dua angka dengan harga yang berbeda diberikan pada suatu fungsi untuk menentukan perbandingan kedua harga dengan mencetak harga yang terbesar, maka program akan diproses dengan fungsi yang berdasarkan pula pada logika.

Misalkan mencetak nilai terbesar dari dua angka yang berbeda, anggaplah 7 dan 9. Maka dengan menggunakan operator > atau < , dimana terdapat fungsi logika apakah 7 lebih besar dari 9 atau 9 lebih besar dari 7.

Logika dalam pemrosesan data menjadi salah satu titik penting dalam alur penyelesaian masalah. Dalam kehidupan sehari-hari, manusia menyelesaikan masalah dengan berbagai proses, termasuk logika. Demikian menjelaskan, logika dan relasi dari berbagai narasi / sumber yang didapat merupakan penentu terpecahkannya masalah. Hal ini juga menjelaskan bahwa kita perlu berfikir sebelum melakukan suatu hal agar dapat memanajemen resiko untuk kedepannya.

 

Demikian

Kurang lebihnya mohon maaf

Terimakasih, Wasallam