Assalamualaikum Wr. Wb

Alhamdulillah puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas kehendak-Nya saya dapat menyelesaikan posting pertama saya yang berjudul “Yuk Mengenal dan Belajar Bahasa C!” .Perkenalkan saya Achmad Hanif dari D3 Elektronika 2019, pada kesempatan yang baik ini saya menuliskan mengenai materi kuliah yang sedang saya pelajari yaitu Algoritma dan Bahasa Pemrogaman C, dimulai dari pengertiannya .

Bahasa Pemrograman C adalah sebuah bahasa pemrograman komputer yang bisa digunakan untuk membuat berbagai aplikasi (general-purpose programming language), mulai dari sistem operasi (seperti Windows atau Linux), antivirus, software pengolah gambar (image processing), hingga compiler untuk bahasa pemrograman, dimana C banyak digunakan untuk membuat bahasa pemrograman lain yang salah satunya adalah PHP. Sedangkan algoritma adalah logika, metode, dan tahapan (urutan) sistematis yang digunakan untuk memecahkan suatu permasalahan.

Meskipun termasuk general-purpose programming language, yakni bahasa pemrograman yang bisa membuat berbagai aplikasi, bahasa pemrograman C paling cocok merancang aplikasi yang berhubungan langsung dengan Sistem Operasi dan hardware. Ini tidak terlepas dari tujuan awal bahasa C dikembangkan.

Struktur bahasa C adalah terdiri dari bagian #include, deklarasi, konstanta, deklarasi variable, deklarasi fungsi – fungsi dan fungsi main( ). Bahasa C boleh hanya terdiri dari include dan fungsi main ( ) saja, dimana bahasa C merupakan bahasa yang sensitive case, yaitu penulisannya menggunakan huruf kecil dan membedakan antara huruf besar dan kecil. Oleh karena itu dalam penulisan program huruf – huruf program bahasa C pada setiap percobaan, harus sama persis baik huruf kecil atau huruf besar.

Nah kalian sudah tahu kan sedikit dari pengertian bahasa C itu sendiri, lalu saya akan membahas Tugas pertama yakni Fungsi dan Variable Dasar.

  • Tugas 1.4.5 Buatlah program untuk menghitung perkalian dan pembagian menggunakan variabel float (pecahan) dan mencetak hasilnya menggunakan karakter format khusus “%f”.

#include<stdio.h>
main()
{
float harga,jumlah,total, hasil;

harga=25.500;
jumlah=50;
total=harga* jumlah;
hasil=total/jumlah;
printf(“harga total=%f\n\n”,total);
printf(“hasil pembagian=%f “,hasil);
getche();

}

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

 

  • Tugas  1.5.1 Buatlah program untuk membuat tampilan dengan menggunakan karakter khusus ‘\t’ untuk pengatur tabulasi.

PROGRAM :

#include<stdio.h>

main()

{

printf(“\n\t                PRAKTIKUM”)  ;

printf(“\n\t          PEMROGRAMAN BAHASA C”);

printf(“\n\t          PROGRAM DIPLOMA III”);

printf(“\n\t  POLITEKNIK ELEKTRONIKA NEGERI SURABAYA”);

printf(“\n\t   INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOVEMBER”);

printf(“\n\t                SURABAYA”);

getch();

}

 BERIKUT HASILNYA :

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Dalam penulisan program karakter khusus “ \t “ berfungsi seperti [Tab] pada keyboard agar hasil program bisa terlihat lebih rapi dan tertata. Sedangkan karakter khusus “ \n “ berfungsi sebagai pemberi baris baru dibawahnya pada bahasa C atau seperti [Enter] pada keyboard.

 

  • Tugas 1.5.5 Membuat program untuk mencetak hasil formula konversi suhu dari Celcius ke Farenhait, diketahui Celcius = 100°C

PROGRAM :

#include<stdio.h>
main()
{
int celcius=100, hasilfahrenheit;
hasilfahrenheit=(celcius*9/5)+32;
printf(“Konversi suhu dari celcius ke fahrenheit adalah… %d”, hasilfahrenheit);
getche();
}

BERIKUT HASILNYA :

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Alasan saya menggunakan int  dan %d dikarenakan hasil yang ditampilkan pada program tidak disertai dengan ( .0000) yaitu 212 F.

Nah bagaiama teman-teman apakah contoh yang telah saya buat dapat membantu kalian untuk lebih memamami lebih banyak? Saya mohon maaf sebesar-besarnya bila masih terdapat kesalahan dalam penulisan saya.  Sekian dariku semoga bermanfaat !!…

Wassalamualaikum. Wr. Wb