Pembuatan suatu naskah berita memiliki berbagai tantangan tersendiri. Salah satunya yaitu harus mengetahui langsung suatu peristiwa yang terjadi. Jika tidak secara langsung, pembuat berita selalu memiliki cara tersendiri dalam mencari informasi akan kebenaran dari berita tersebut. Pembuatan naskah berita memiliki karakteristik tersendiri agar berita yang disampaikan jelas dan berbobot. Proses pembuatan naskah berita tidak terlalu sulit, hanya saja melalui bagian yang berurutan. Diantaranya yaitu :

  1. Lead In
    Lead in berisi tentang inti suatu berita yang disajikan dalam dua kalimat saja. Lead In biasanya dibacakan oleh presenter dalam pe mbukaan berita. Kalimat dalam Lead In lebih mengarah kepada tema berita.
  2. Set The Scene
    Berisi tentang penjelasan dari Lead In yang menjurus ke sudut pandang penulis naskah berita. Dalam bagian ini, naskah disesuaikan dengan gambar dan juga mencantumkan informasi yang telah didapatkan.
  3. Detail
    Detail menjelaskan kejadian berita secara menyeluruh. Detail didukung dengan penjelasan Set The Scene. Penjelasan dari berita secara rinci seperti waktu dan tempat peristiwa, serta bagaimana peristiwa itu terjadi termasuk dalam bagian ini.
  4. Background
    Sebuah berita memiliki ciri khas atau ketertarikan tersendiri. Hal ini dipengaruhi oleh bagaimana peristiwa yang terjadi diolah menjadi berita yang menarik. Background menjelaskan tentang latar belakang berita yang menjadi inti menarik dari berita tersebut.
  5. Minor Detail
    Minor detail berisi keterangan akhir dari keseluruhan berita. Beberapa keterangan tersebut memuat informasi tambahan yang sebenarnya jika dicantumkan tidak memiliki arti yang berpengaruh dalam berita tersebut. Keterangan di Minor Detail lebih menjadi penyedap berita agar berita lebih menarik.

 

Seluruh proses diatas tidak selalu beurutan, hanya saja semua bagian tersebut biasanya selalu digunakan. Dalam proses diatas juga tidak ada batas penggunaan paragraf. Boleh saja Background lebih banyak daripada Detail, atau sebaliknya.