Grafis adalah proses editing yang paling akhir. Dalam proses ini, seluruh berita dikumpulkan menjadi satu dan diatur sesuai dengan rundown yang telah dibuat oleh produser. Terdapat beberapa item yang dikerjakan oleh seorang grafis ini, diantaranya segmen cuaca, template CG (Character Generator), menyatukan video berita yang diedit, dan memasukkan video tapping serta memastikan seluruh audio dan videonya tidak terjadi kesalahan.

  1. Editing Perkiraan Cuaca.
    Proses edit cuaca adalah merubah animasi dan tulisan yang sudah dibuat dan ada di dalam template After Effect dari Jakarta, sesuai dengan sumber. Sumber yang digunakan dalam perkiraan cuaca ini didapatkan dari data resmi di situs BMKG. Beberapa hal yang diubah yaitu animasi cuaca, kondisi cuaca, kelembaban, dan suhu. Misalnya besok daerah Bantul menurut data BMKG bercuaca Cerah, template yang mencantumkan kondisi cuaca dirubah menjadi cerah. Selain itu suhu daerah Bantul yaitu 19-31 derajat, pada template suhu diubah sesuai dengan data yang diberikan. Begitupun seterusnya.

    • Facebook
    • Twitter
    • Google+
    • Pinterest

    Tampilan Editing Cuaca

  2. Character Generic (CG)
    Character Generic (CG) adalah suatu keterangan yang diberikan dalam program berita yang menjelaskan tentang tema berita, nama narasumber, juga peristiwa apa yang ada di dalam berita. Character Generic (CG) ini berupa animasi yang sudah dibuat templatenya oleh Seputar iNews Yogyakarta pusat. Dalam proses ini, yang dilakukan adalah mengubah kalimat keterangan sesuai dengan apa yang dicantumkan di dalam naskah. Tidak hanya kalimat keterangan, namun tanggal dan lokasi juga diubah sesuai tanggal dan lokasi kejadian.

    • Facebook
    • Twitter
    • Google+
    • Pinterest

    Tampilang Editing CG Sebelum Diberi Video dari Editor

    • Facebook
    • Twitter
    • Google+
    • Pinterest

    Tampilan Editing CG Secara Keseluruhan

  3. Finishing
    Proses finishing ini adalah memasukkan berita yang sudah diedit oleh editor menjadi satu dengan Character Generic (CG) dan juga video tapping. Video berita dari editor diseleksi dan diperiksa agar tidak ada kesalahan. Setelah itu dimasukkan sesuai dengan Character Generic (CG) yang telah dibuat. Video hasil tapping dimasukkan dan diseleksi juga, jika mengalami kesalahan yang biasanya yaitu suara noise yang masuk ke dalam microphone, otomatis semua tim tapping harus mengulang bagian yang salah tersebut. Urutan dalam memasukkan seluruh item ini yaitu :
  1. Pembacaan Lead In oleh presenter (video hasil tapping) dengan Character Generic (CG) tentang judul berita;
  2. Video dari editor;
  3. Bagian awal diberi Character Generic (CG) tentang judul berita;
  4. Saat video wawancara dengan narasumber diberi Character Generic (CG) tentang nama dan siapa yang diwawancarai (misalnya : Teguh/Pelaku, Slamet Riyadi/Kepala Desa, dll);
  5. Bagian tengah diberi Character Generic (CG) pendukung tentang kejadian berita;
  6. Jika ada wawancara dengan narasumber kedua, juga diberi Character Generic (CG);