Pada minggu ke-3 ini saya diajarkan bagaimana caranya menjadi seorang Produser. Produser memiliki peran penting dalam baik tidaknya suatu berita yang akan ditayangkan. Pertama-tama, seorang produser harus terlebih dahulu memilih berita mana yang pantas dan sekiranya berbobot untuk ditayangkan. Berita tersebut diambil dari pemasok atau yang biasa disebut “kontri” dalam bidang ini. Lebih mudahnya, kontri atau kontributor disebut juga sebagai seorang wartawan yang ditempatkan pada satu wilayah tertentu.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Struktur Naskah

Setelah memilih berita, produser akan membuat naskah yang nantinya akan di dub oleh dubber untuk menjadi Voice Over pada saat penayangan berita. Tahap ini diikuti pula oleh editor yang diharuskan untuk langsung mengunduh video materi yang juga dikirimkan oleh kontri. Naskah yang dibuat oleh produser harus berisikan:

  • Slug

Merupakan judul singkat yang nantinya akan diletakkan pada display monitor pada saat Presenter membacakan Lead In. Slug berfungsi untuk memberikan gambaran mengenai berita apa yang akan disampaikan setalahnya.

  • Newscast

Berisikan nama program yang menyiarkan berita tersebut.

  • Judul

Merupakan judul lengkap berita yang akan disiarkan.

  • Kontri

Berisikan nama, kontak dan lokasi kontri yang menuliskan berita tersebut. Hal ini diperlukan apabila ada informasi katerangan lebih detail mengenai kejadian tersebut yang ingin ditanyakan oleh Produser untuk menambahkan nilai pada suatau berita.

  • Tanggal

Berisikan tanggal penulisan berita tersebut. Biasanya disesuaikan dengan tanggal pengeditan berita tersebut oleh Produser.

  • Lead In

Merupakan alinea pembuka yang menjelaskan garis besar berita secara singkat dan jelas yang nantinya akan dibacakan oleh Presenter sebelum video berita ditampilkan.

  • OTS

Merupakan headline berita yang nantinya akan diletakkan pada CG saat pengeditan Grafis. Pemilihan kalimat untuk OTS ini didasari pada informasi menarik apa yag terdapat dalam berita tersebut. Lebih mudahnya, seperti poin-poin penting yang terdapat dalam berita yang disampikan. Biasanya dalam 1 berita terdapat 2 hingga 3 OTS, bergantung pada seberapa panjang berita tersebut.

  • Chyron/Shot

Merupakan bagian dimana sesi wawancara akan ditayangkan. Berisikan nama dan status narasumber.

  • Script

Berisikan alinea seputar informasi atau penjelasan pada berita. Dalam  penulisan script, yang perlu diperhatikan adalah kepadatan dan ketersampaian informasi dalam berita. Dengan script yang singkat dan padat, produser harus bisa membuat berita tersebut masih bisa tersampaikan dengan baik dikarenakan durasi penayangan yang terbatas. Untuk tiap beritanya, paling tidak harus berisikan 8-9 alinea sepanjang 2-3 baris. Struktur penulisan script ini terdiri dari 5 bagian utama, yakni :

# LEAD yang merupakan alinea pembuka berita yang nantinya akan dibacakan oleh Presenter.  Lead berisi uraian singkat mengenai kejadian yang merangkum seluruh isi dari berita yang akan disampaikan. Dalam bagian ini dapat dituliskan bagaimana situasi dan kondisi kejadian beserta siapa yang terlibat dalam kejadian tersebut. Berikan informasi lebih lanjut yang sekiranya penting dan menarik untuk diberitakan.

# SET TO SECENE menggambarkan kondisi kejadian yang digambarkan pada awal video. Alinea ini seolah membawa penonton masuk kedalam kejadian sehingga penonton seolah dapat merasakan dan melihat langsung kejadian.

# DETAIL sama seperti namanya, yakni mengungkapkan informasi-informasi yang ada dalam berita tersebut secara detail. Informasi yang dimaksud yakni seputar kejadian seperti “mengapa bisa terjadi?” “bagaimana kejadiannya?” dan lain sebagainya.

# BACKGROUND merupakan tambahan informasi yang mendukung detail. Lebih tepatnya, backgrounf memberikan gambaran lebih mandalam sebelum kejadian terjadi.

# MINOR DETAIL merupakan bagian dari informasi yang bisa lebih mendetailakan suatu berita. Bagian ini lebih seperti informasi tambahan yang sayang untuk dibuang, namun tidak terlalu berpengaruh dalam penyajian berita utama. Fungsi minor detail lebih seperti bumbu penyedap yang dapat menambah nilai isi dalam suatu berita.

Setelah membuat naskah atau script, produser harus membuat rundown yang berisikan urutan berita yang akan ditayangkan. Dalam rundown tersebut, paling tidak harus terdapat 2 highlight yang dipilih berdasarkan nilai kemenarikan dari suatu berita. Rundown berdurasi total 30 menit dengan pembagian 10 berita dengan 1 kali iklan. Berita diurutkan berdasarkan kemenarikan dan keterkaitan antar berita. Biasanya, berita yang diletakkan diawal, sesudah break dan sebelum ending merupakan berita yang paling menarik menurut produser. Penempatan berita ini didasarkan untuk menarik audiance untuk terus menikmati program acara berita tersebut.

Selain script dan rundown, Produser juga harus membuat Anchor yang nantinya akan digunakan saat tapping. Anchor merupakan suatu arahan, baik arahan naskah maupun camera untuk Presenter. Anchor berita berisikan:

  • Lead In

Alinea ini juga terdapat dalam script. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa lead in ini merupakan rangkuman berita yang akan ditayangkan. Dalam 1 anchor terdapat 10 lead in, sesuai dengan jumlah berita yang ditayangkan.

  • Cuaca

Bagian ini ditayangkan sebelum penayangan grafik prakiraan cuaca, setelah semua berita selesai disampaikan.

  • Grand Opening

Merupakan bagian pembuka yang mengawali penayangan berita. Dalam bagain ini, presenter memperkenalkan diri dan nama program acara yang dibawakan.

  • Promo

Promo masih merupakan bagian dari opening yang merupakan ringkasan berita yang lebih ringkas lagi jika dibandingkan lead in. Dalam 1 program berita, terdapat 3 promo yang merupakan headline atau berita paling menarik menurut produser. Bagian ini hanya dibacakan saja oleh presenter, yang dimana berarti tampilan in frame presenter diabaikan karena akan digantikan oleh cuplikan berita pilihan.

  • Back to Camera

Masih merupakan bagian dari opening yang disampaikan setelah bagian promo selesai. Kalimat dalam bagian ini akan menyambungkan opening dengan lead in pertama pada suatu berita.

  • Teaser

Memberi gambaran mengenai berita yang akan disampaikan selanjutnya setelah break atau iklan. Bagian ini disampaikan setelah 5 berita selesai ditayangkan, yang berarti tepat sebelum adanya break.

  • Grand Closing

Merupakan bagian penutup yang mengakhiri penayangan berita. Dalam bagain ini, presenter kembali memperkenalkan diri dan nama serta jadwal penayangan program acara yang dibawakan.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest