Perkenalkan, nama saya Muhamad Ryan Fauzi Hutomo dari Prodi D3 Multimedia Broadcasting. Disini saya akan menceritakan kegiatan apa saja yang saya lakukan ketika magang di SCTV di minggu ketiga ini.

Di minggu ketiga saya magang di SCTV adalah minggu sibuknya Divisi Promo-On Air dalam mempersiapkan promo HUT SCTV yang ke 28. Iya.. SCTV akan sampai pada angka didirikannya yaitu tanggal 24 Agustus nanti. Maka dari itu persiapan sudah mulai dibuat mulai dari membuat video promo bahkan syuting. Di minggu ketiga ini saya sebagai anak magang di Divisi Promo-On Air ikut meramaikan. Saya diberi tugas untuk membuat video promo HUT SCTV yang ke 28. Saya merasa tugas tersebut cukup berat dikarenakan briefing yang telah diberikan kepada saya cukup membuat saya berfikir keras bagaimana video tersebut bisa saya buat megah dan ramai, serta pembimbing saya memberikan waktu pengerjaan tidaklah sedikit. Melainkan 2 minggu. Otomatis tugas ini akan menjadi tugas terakhir saya di SCTV ini dikarenakan dikerjakan sampai minggu ke-4 nantinya. Karena acara tersebut di laksanakan melalui kegiatan konser megah, maka saya mulai memikirkan konsep yang megah di hari pertama di minggu ketiga tersebut. Mencari-cari footage di Youtube, mencari musik yang sesuai dan memikirkan konsep grafis yang sesuai dengan video yang saya buat nantinya.

Di hari kedua saya melanjutkan untuk mencari musik yang sesuai karena jujur untuk mencari backsound dalam video saya ini susah. Penyesuaian dengan konsep yang saya mau itu membuat pencarian backsound tersebut hampir membuat saya frustasi karena sayapun belum mengerjakan video saya di hari kedua ini. Disela-sela itu saya di panggil oleh pembimbing saya untuk mengerjakan video Rough Cut untuk trailer Film Spesial Kemerdekaan yaitu Merah Putih. Istilah Rough Cut adalah proses editing berupa potongan-potongan kasar yang disusun sesuai naskah. Saat itu saya ditugasi untuk membuat video Rough Cut di komputer pembimbing saya langsung, bukan di laptop saya. Saya diberi tantangan untuk mengerjakan Rough Cut tersebut selama 30 menit. Baiklah langsung saja saya mengerjakan video trailer tersebut dan hasilnya selesai. Namun saya ditantang lagi untuk membuat video yang sama namun dengan footage yang berbeda. Dikarenakan komputer tersebut akan dipakai. Pengerjaan yang kedua ditunda terlebih dahulu sampai ada waktu senggang. Setelah itu saya kembali ke meja saya dan melanjutkan pekerjaan saya. Sampai di akhir hari kedua ini saya baru menemukan audio yang sesuai dengan video promo yang akan saya buat.

Hari ketiga ini adalah hari yang spesial bagi saya. Karena saya dan teman-teman magang lainnya diajak untuk ikut membantu dan melihat proses syuting untuk promo hari jadi SCTV ke 28 yang sebenarnya. Jadi tugas saya untuk minggu ini hanyalah tugas. Namun untuk syuting ini memang dilaksanakan untuk video promo yang akan ditayangkan. Pagi-pagi kami persiapan berangkat ke Studio yang telah di pesan oleh pihak SCTV untuk syuting.  Mulai dari persiapan alat seperti kamera, lighting, display dan yang lainnya. Di tempat syuting yaitu studio 9 kami mulai membantu dalam mempersiapkan segala hal. Pemasangan lighting, display, pengambilan gambar yang baik, merencanakan penambahan grafis sampai konfigurasi lightingpun kami diajari. Proses syutingpun bisa dibilang lama karena memakan waktu sampai seharian. Karenanya di hari itu saya tidak berada di kantor sama sekali. Dan saya tidak mengerjakan tugas saya sama sekali di hari itu.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Gambar 3.1 Penataan lighting untuk persiapan syuting

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Gambar 3.2 Proses take model untuk HUT SCTV ke-28

Hari keempat saya kembali lagi ke kantor dengan memulainya lebih pagi. Karena dapat amanah untuk menyelesaikan video Rough Cut di hari itu juga. Dikarenakan jam kerjanya kantor siang, saya berusaha untuk menyelesaikan pagi agar saat pembimbing saya datang tugas saya sudah selesai. Bangganya saya, ketika video tersebut selesai saya kerjakan dan pembimbing saya menyetujui, beliaunya bilang jika video hasil Rough Cut saya ini akan ditayangkan di channel SCTV. Beberapa hari kemudian saya melihat postingan dari instagram SCTV video saya memang ada di timeline instagramnya SCTV. Dari hal itu saya bangga hasil editan saya bisa masuk di televisi. Kemudian saya mulai dengan rutinitas biasanya yaitu melanjutkan project. Saya mulai melakukan edit dari bahan yang sudah saya kumpulkan. Target saya hari itu saya harus menyelesaikan editan saya beserta progress grafis yang bisa saya bilang sama-sama dominan untuk mendukung meriahnya panggung. Di hari keempat itu saya mem-previewkan hasil cut to cut saya. Pembimbing sayapun belum bisa mengiyai karena grafis belum ada di video saya. Baiklah saya lanjut di hari selanjutnya.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Gambar 3.3 Proses Rough Cut video teaser dalam rangka HUT RI-73 “Merah Putih”

Di hari kelima saya mulai mengerjakan grafis yang saya inginkan di video saya. Tidak berbeda jauh dengan grafis tahun lalu. Hanya saja saya menambahkan efek glitch agar grafis saya terkesan modern. Seharian saya fokus di grafis agar hasilnya bisa memuaskan. Saya di tidak melakukan preview dikarenakan grafis saya belum jadi secara sempurna. Maka saya putuskan untuk melakukan review di minggu selanjutnya.