Teknologi IT yang dimiliki oleh Surabaya

Surabaya merupakan salah satu kota besar yang ada di Indonesia dengan jumlah populasi lebih dari 3 juta jiwa. Dengan banyaknya penduduk tersebut para pihak pemerintah kota Surabaya diharuskan untuk bekerja ekstra dalam menjaga keamanan yang ada pada kota Surabaya. Karena alasan diataslah maka perkembangan pada teknologi IT terus didorong kemaksimalnya agar dapat memudahkan pemerintah kota Surabaya untuk mengatur, menjaga stabilitas kota Surabaya.

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang teknologi IT yang dimiliki oleh pemerintah kota Surabaya yang dapat digunakan masyarakat.

  1. Call center 112

Layanan IT ini merupakan salah satu inovasi dari pemerintah kota Surabaya yang bertujuan sabagai layanan tanggap darurat daimana masyarakat Surabaya yang mendapatkan masalah darurat dapat langsung memanggil pada nomor 112 dan pemerintah akan langsung menaggapi masalah ataupun laporan yang diberikan masyarakat secara langsung. Layanan call center 112 ini merupakan suatu terobosan sekaligus komitmen pemerintah kota Surabaya dalam memnerikan pelayanan pada masyarakat Surabaya.

  1. E-Surat

Layanan ini merupakan suatu inovasi dimana pihak kelurahan atau kecamatan yang ada pada area Surabaya untuk dapat mengirim surat secara langsung baik itu merupakan surat perijinan, dan surat kepentingan lain-lain dengan manfaat mengurangi penggunaan kertas, hemat biaya dan waktu serta dapat disimpan secara digital sehingga memudahkan saat akan mencari dokumen tersebut dan lebih aman tentunya.

  1. GESSY ( gateway for short message system)

Layanan ini merupakan sebuah sistem pengeloalaan sms dimana sms yang diterima, dan terkirim tersambung ke database yang ada pada pemerintah kota Surabaya yang akan memudahkan pihak-pihak pengguna GESSY untuk mengelola sms diterima, mencari informasi yang dibutuhkan, dan menyimpan informasi. Pengaturan tersebut dapat dilakukan oelh administrator lewat alat bantu konfigurasi aplikasi yang telah ada.

Fitur-fitur pada layanan GESSY antara lain :

  1. Sms interaktif : pengguna hp meminta atau memberi informasi pada modem gsm dimana setelah data sms diproses oleh server, modem gsm akan mengirim sms jawaban berupa informasi yang tepat pada hp pengguna.
  2. Sms scheduler : server akan memonitor database penjadwalan dan secara periodik akan memberikan informasi ke hp pengguna yagn terdaftar.
  3. Sms alert : server memonitor sms dari para pengguna dan memberikan pemberitahuan tentang kejadian-kejadian yang telah ditentukan melalui sms.
  4. Sms broadcast dimana pengguna terdaftar dapat mengirim sms ke seluruh anggota grub tertentu bersamaan dengan mengirim sms ke nomor-nomor tertentu.
  5. E-SapaWarga

Merupakan suatu layanan pada teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sebagai penghubung antara warga dengan pemerintah kota Surabaya. E-SapaWarga digunakan oleh pemerintah Surabaya untuk mendengarkan aspirasi dari warganya. E-SapaWarga dapat diakses di www.sapawarga.org  melalui smartphone ataupun laptop dan perangkat lainnya. E-SapaWarga memudahkan masyarakat untuk memcurahkan aspirasinya kepada pemerintahan tentang hal yang berkaitan dengan kinerja pemerintah kota Surabaya sendiri.

Nah itu tadi beberapa teknologi IT yang bersifat pelayanan publik milik pemerintah kota Surabaya, dimana semakin memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi dan keamanan dari pemerintah.

Tujuan dari artikel ini adalah untuk menyebarluaskan tentang layanan yang ada di Surabaya untuk masyarakat yang belum mengetahuinnya dan agar masyarakat dapat menggunakan teknologi untuk mencari informasi – inforamsi  baru daripada harus menggunakan teknologi untuk sesuatu yang kurang bermanfaat dan membuang-buang waktu.

Sekian artikel ini saya tulis apabila ada kesalahan mohon dimaklumi.

Wassalamu’alaikum wr.wb