• Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

sumber foto: tugas praktikum 2 MMB B 2016, h

Tutorial ini saya buat berdasarkan pengalaman saya sebagai mahasiswa jurusan Multimedia Broadcasting dan dari pengalaman beberapa temen saya di jurusan lain yang ada di PENS, yah walupun temen saya nggak banyak hehehe. Jadi sebelum membaca tutorial ini pastikan bahwa temen-temen sudah atau mau menjadi Mahasiswa PENS, karena pasti akan membuang waktu temen-temen yang berharga. Baiklah berikut adalah tutorialnya

  1. Jangan keluar dari PENS

Biasanya saat pertama masuk PENS, temen-temen akan merasa “kok gak enak ya?”, “kok kayak SMA?”,”Gak betah aku”dan kalimat yang lain. Itu udah kayak tradisi dan malah pandemik massal maba pens. Jadi saran aja buat yang udah ngerasa ngeluarin kalimat diatas bulatkan tekadmu dan berjuanglah.

  1. Berfikirlah PENS adalah impianmu

Banyak banget yang mungkin memimpikan kuliah di kampus lain yang bergengsi tapi malah keterima di PENS. Hal ini pasti akan ketahuan saat temen-temen ditanyain dosen waktu pertama kali masuk “disini  siapa yang sebenernya pengen masuk kampus lain?” pasti lebih dari 50% akan mengangkat tangan nya dan menjawab lebih milih kampus sebelah ato yang lain, yah curhatan dalam hati. Tapi dengan berfikir dan membangun mindset kalo PENS adalah KAMPUS IMPIAN SAYA pasti temen-temen pasti nyaman kok, mungkin.

  1. Pakailah pakaian sesuai standart perkuliahan PENS

Pakaian standart sangat gampang kok, pastikan jaju berkerah, celana rapi, dan bersepatu. Saranku jangan pake pakaian minim soalnya PENS udah pakai AC di semua kelas jadi biar nggak masuk angin.

  1. Kerjakan tugas dan laporannya tepat waktu

Ini mungkin penyakit yang sering dialami bahkan menjadi kebiasaan mahasiswa di PENS yaitu nyejakan laporan di waktu yang mepet. Bisa dibilang kalau ngerjakan pada katu yang mepet “kekuatan ajaib” buat ngerjain itu akan muncul. Tapi yah ini tetep kebiasaan buruk jadi kerjakan tugas dan laporan temen-temen tepat waktu ya.

  1. Persiapkan diri untuk begadang

Ini adalah konsekuesi dari point nomer 4 kalo kita ingin tugas dan laporan kita tidak menumpuk kerjakan sampai selesai kalau terpaksa boleh sampai begadang sampai tengah malam. Tapi untuk yang ini sebaiknya jangan sering-sering dilakukan nih temen-temen, soalnya kemaren ada peringatan lulusan PENS banyak yang dicap kurang sehat oleh beberapa perusahaan, jadi walaupun tugas itu penting tapi kesahatan juga penting.

  1. Beradaptasilah untuk bisa mengerjakan laporan dimana saja dan kapan saja

Ini juga termasuk konsekuensi dari point nomer 4 pengerjaan laporan tidak hanya bisa dilakukan pada waktu di kos atau rumah, temen-temen bakal ngalamin yang namanya ngerjakan di lorong, di taman, di kantin, di warkop yang ada wifi gratisan dan lain lain. Yah bisa dibilang harus kuat lah disegala medan.

  1. Jadilah detektif untuk mencari ACC Dosen

Setelah pengerjaan selesai biasanya hal yang paing sulit adalah mencari keberadaan dosen temen temen, ya memang nggak semua dosen sih rata-rata dosen yang ngajar beberapa jurusan yang sering menghilang jadi kita harus bertindak layaknya “detektif” untuk mencari dosen tersebut mulai dari tanya kakak kelas, temen, dan dosen lain yang kita kenal.

  1. Jadilah sabar

Mengghadapi dosen teknik di PENS akan lebih susah dari pada kampus lain, jadi bersabarlah dan jangan walaupun itu akan sangat menjengkelkan. Dapi dibalik semua itu temen-temen bakalan tertempa saat lulus nantinya.

  1. Aturlah waktu sebaik mungkin

Di PENS temen-temen nggak hanya dihadapkan ke tugas perkuliahan yang menumpuk saja tapi juga organisasi dan kegiatan kampus lainnya yang akan menyita waktu. Sebaiknya temen-tmen atur waktu yang di prioritaskan saja sesuai dengan tujuan awl masuk ke PENS.

Untuk tutorial ini mungkin saya cukupin dulu yah saya udah kehabisan ide, munkin kalo ada tambahan tips atau lainnya bakalan di update lagi. Ohya PENS bukan hanya tempat mencari ilmu saja, carilah juga kenalan dan koneksi ke dunia kerja soalnya di PENS banyak banget peluang terbuka kalau temen-temen mau mencari.