Jika kita bicara mengenai Jaringan Multimedia, bisa dibilang kita membicarakan hal yang baru. Karena di masa yang penuh dengan dunia digital ini banyak orang yang sudah mengandalkan teknologi digital daripada teknologi manual. Dan satu hal bisa dianggap memiliki arti yang luas. Mengapa? Karena secara kasat mata Jaringan Multimedia sudah bisa dilihat kedua kata tersebut memiliki arti yang berbeda. Terdapat “Jaringan” dan “Multimedia”. Nah… Disini mari kita mengulik lebih dalam apa itu Jaringan Multimedia.

Terdapat dua hal yang berbeda yang akan kita bahas disini, “Jaringan” dan “Multimedia”. Pertama kita akan membahas tentang apa itu Jaringan.

JARINGAN

Jaringan (lebih tepatnya jaringan komputer) adalah sekumpulan komputer yang saling terhubung dalam satu kesatuan. Untuk media transmisi pada jaringan terbagi menjadi dua yaitu wired (kabel) dan wireless (tanpa kabel). sehingga user dapat saling melakukan pertukaran informasi antara perangkat yang saling terhubung.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

MULTIMEDIA

Kemudian, Multimedia terdiri dari 2 kata yaitu:

  • Multi (Latin) : banyak; macam-macam.
  • Media/medium (Latin) : sesuatu yang digunakan untuk membawa atau menyampaikan sesuatu.
  • Medium (Menurut American Heritage Electronic Dictionary, 1991) : Alat untuk mendistribusikan atau merepresentasikan sesuatu.

Jadi, jika disimpulkan Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menampilkan dan mengkombinasikan konten multimedia (teks, audio, video, grafis, dan animasi) dengan menggunakan tools tertentu yang memungkinkan user untuk melakukan manipulasi konten yang ada.

Ruang Lingkup Multimedia

A. Grafis

Komponen grafis dapat didefinisikan sebagai unsur yang mendominasi sebuah presentasi multimedia. Pernyataan tersebut tersampaikan pada quotea picture is worth a thousand words”.

Kegunaan grafis dalam aplikasi multimedia :

  1. Sebagai ilustrasi untuk menjelaskan kosep-konsep
  2. Chart untuk ilustrasi dan meringkas data-data numerik
  3. Menjelaskan suatu proses
  4. Ilustrasi dari lokasi, dll.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

B. Text

Sejarahnya, manusia telah menggunakan gambar dan tulisan untuk menceritakan tentang pengalaman, pengetahuan, dan perasaan mereka. Dahulu teks merupakan alat komunikasi yang utama. Namun dengan berkembangnya zaman text dapat digunakan dalam segi manapun. Baik dari tulisan semata hingga art.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan teks dalam aplikasi multimedia :

  1. Pahami kegunaan aplikasi yang dibuat
  2. Jumlah teks yang digunakan
  3. Jenis / type font yang dipakai
  4. Ukuran dan warna font

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

C. Video

Digital video merupakan system perekaman digital yang bekerja menggunakan sinyal video digital. Video sendiri merupakan gambar bergerak yang di transmisikan menggunakan media elektronik.

Proses digital video dapat dilakukan dengan Analog Video Acquisition, Capturing dan Storing, Editing dan Adding Special Effects, Delivery dan Display.

Untuk saat ini video dibedakan dalam dua format, yaitu :

  1. Analog : NTSC dan PAL
  2. Digital : MOV, MPG, MP4, AVI, ASF, dll

Proses mengubah dari analog ke digital disebut dengan Capturing atau sampling. Proses capturing ini memerlukan alat berupa video capture board (frame grabber) yang dipasang dalam komputer yang nantinya berfungsi sebagai perubah sinyal analog menjadi sinyal digital.

D. Animasi

Penggabungan dari kumpulan gambar (frame) yang menghasilkan gerakan disebut dengan animasi. Kartun dan anime merupakan contoh dari animasi.

Terdapat empat macam animasi, yaitu:

  • Animasi Frame
  • Animasi Vector
  • Animasi Komputasional
  • Morphing

E. Digital Audio

Digital Audio adalah teknologi untuk merekam, menyimpan, dan mereproduksi suara dengan meng-encode sinyal audio dalam bentuk digital daripada bentuk analog.

Digital Audio ditampilkan dalam dua area utama:

  • Telekomunikasi
  • Hiburan (audio CD)

Digital Audio dihasilkan dengan cara melakukan sampling sinyal kontinu yang dihasilkan oleh sumber suara. ADC (Audio to Digital Converter) menangkap input sinyal elektrik sesuai dengan suara dan mengubahnya menjadi data digital. Untuk menghasilkan suara melalui amplifier dan speaker, melibatkan suatu DAC (digital-to-analog converter).

Manfaat Digital Audio

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Pemanfaatan dalam teknologi Digital Audio (DA):

  1. Broadcasting
  • Digital Audio Broadcasting (DAB)
  • HD Radio
  • Digital Radio Mondiale (DRM)
  • In-band on-channel (IBOC)
  1. Media Penyimpanan
  • DA Player
  • DA Tape (DAT)
  • Digital Compact Cassete (DCC)
  • Compact Disc (CD)
  • dll

Nah, penjelasan mengenai dari kedua istilah “Jaringan” dan “Multimedia”. Dapat disimpulkan Jaringan Multimedia adalah penggunaan komputer yang saling terhubung pada suatu jaringan (internet) untuk mengkombinasikan atau menampilkan teks, grafik, audio, video, dan animasi (konten multimedia) dengan menggunakan tools tertentu yang memungkinkan pengguna untuk melakukan manipulasi konten.

PENERAPAN JARINGAN MULTIMEDIA

Untuk lebih memahamkan apa itu Jaringan Multimedia, Terdapat beberapa teknologi yang mengandalkan ilmu tentang Jaringan Multimedia ini. Antara lain adalah Streaming Multimedia dan Voice Over Internet Protocol (VoIP).

Streaming Multimedia

Streaming Multimedia adalah multimedia yang diberikan kepada para user secara real-time dengan menggunakan suatu provider tertentu. Live Streaming adalah multimedia yang disiarkan secara langsung dengan melibatkan peralatan capturing (kamera) sebagai medianya, serta dengan menggunakan jaringan sebagai jalur pendistribusian konten ke internet.

Codec, bitstream, transport, dan protocol :

  • Audio stream menggunakan codec MP3, Vorbis, AAC.
  • Video stream menggunakan codec H.264 atau VP8.
  • Container stream menggunakan FLV, WebM, ASF atau ISMA.
  • Streaming client dan streaming server berinteraksi dengan menggunakan control protocol seperti MMS atau RTP.

Voice over Internet Protocol (VoIP)

Voice over Internet Protocol adalah teknologi yang memungkinkan komunikasi audio (suara) dengan menggunakan jaringan berbasis IP (Internet Protokol).

 

Nah, setelah mengetahui lebih dalam mengenai apa itu Jaringan Multimedia. Untuk saat ini terdapat beberapa Universitas besar di Indonesia yang mulai melirik ilmu Jaringan Multimedia. Diantaranya dari Institut besar di Surabaya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Politeknik Batam telah mengatur kurikulum untuk prodi Jaringan Multimedia.

Mulai dari ITS, Sejak tahun ajaran 2013/2014 lalu ITS telah membuka kelas untuk prodi Multimedia Jaringan ini dengan mempelajari ilmu bukan hanya di elektronika dan telekomunikasi namun fokus juga pada bidang multimedia seperti fenomena konversi digital, data dan manipulasi pada konten multimedia. Serta pada bidang jaringan seperti mendukung komputasi statis ke komputasi mobile dan yang lainnya. (http://news.okezone.com)

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Kemudian untuk Politeknik Batam membentuk program studi teknik D-4 (Sarjana Terapan) dengan mengkhususkan pada kemampuan analisis pengembangan produk dan aplikasi multimedia berbasis jaringan dan mengkoordinir pengelolaan sistem jaringan komputer.

Nah sudah pahamkah tentang apa itu multimedia jaringan? Banyak jika harus meng-explore lebih dalam tentang apa itu Jaringan Multimedia. Dari penjelasan diatas harapan penulis, pembaca bisa mengetahui dan lebih paham tentang apa itu jaringan multimedia. Terimakasih.

Wassalam.