• Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
Pantai Mutiara adalah salah satu wisata pantai baru di Trenggalek

Bagi traveler di Indonesia, banyak yang memimpikan menikmati keindahan Bibury di Inggris, Bernese Oberland di Swiss, Hallstatt di Austria, dan air terjun Niagara di Kanada. Memang temapt-tempat itu adalah tempat-tempat yang termasuk tempat terindah di dunia. Jalan-jalan ke tempat-tempat itu memang menjanjikan banyak kenangan yang bisa diceritakan kembali. Namun jangan sampai salah dengan menomor-duakan negeri sendiri. Ternyata pada bulan Februari, sebuah media di Inggris, money.co.id, menyatakan bahwa Indonesia adalah negara terindah di dunia pada tahun 2022. Hal ini tentu cukup mengejutkan karena sebelumnya posisi ini ada di Papua Nugini. Hasilnya adallah sebagai berikut:

  1. Indonesia dengan (Skor 7.77/10)
  2. Selandia Baru (Skor 7.27/10)
  3. Columbia (Skor 7.16/10)
  4. Tanzania (Skor 6,98/10)
  5. Meksiko (Skor 6,96/10)
  6. Kenya (Skor 6,70/10)
  7. India (Skor 6,54/10)
  8. Perancis (Skor 6,51/10)
  9. Papua Nugini (Skor 6,39/10)
  10. Comoros (Skor 6,22/10)

Ada beberapa hal yang membuat Indonesia menjadi negara terindah di dunia ini, di antaranya adalah:

(1) Gunung berapi
Indonesia memiliki jumlah gunung berapi terbanyak di dunia. Di antarnya yang menjadi obyek wisata seperti Gunung Bromo, Gunung Rinjani, Gunung Tangkuban Perahu, Gunung Merapi, Gunung Agung dan masih banyak yang lainnya.

(2) Pemandangan pegunungan,
Indonesia memiliki banyak pemandangan puncak gunung yang memukau. Ada Gunung Puncak Mandala, Gunung Puncak Trikora atau Wilhelmina, Gunung Engga Pilimsit, Gunung Kerinci, Gunung Rinjani, Gunung Semeru, dan lain-lain. Jangan lupa Gunung Jayapura yang puncaknya disebut punya salju abadi, dan juga Kawah Ijen yang terkenal dengan blue-firenya

(3) Terumbu karang
Ini juga tidak bisa dibantah, bahwa Indonesia mempunyai banyak pemandangan bawah laut dengan terumbu karang yang memukau. Kita bisa sebut terumbu karang di Raja Ampat dan terumbu karang di Bunaken. Itu hanya sebagian kecil dari yang ada di Indonesia. Menurut UNEP World Atlas of Coral Reefs. Indonesia mempunyai luas area terumbu karang 51.020 kilometer persegi, menguasai 17,95 persen wilayah di dunia. Bahkan, menurut laman LIPI, Kelompok Kerja Nasional Informasi Geospasial Tematik Pesisir dan Laut Program Onemap Policy menyebutkan bahwa luas ekosistem terumbu karang Indonesia diperkirakan mencapai 2,5 juta hektar.

(4) Hutan lindung
Menurut site Protected Planet, Indonesia mempunyai total 733 kawasan lindung, dengan 253 evaluasi efektivitas manajemen. Salah satunya adalah hutan lindung Baluran yang menyajikan banyak hal seperti padang savana, pantai Boma, hutan dengan pohon-pohon yang mungkin tidak pernah kita lihat sebelumnya dan tentu binatang-binatang yang dilindungi. Program hutan lindung harus terus dipelihara dengan ikut menjaga kebersihan dan keamanannya.

(5) Garis pantai
Menurut citypopulation.de, Indonesia memiliki panjang garis pantai 54.716 km. Selain memilik panjang yang fantastis, keindahannya juga menawan. Pantai Tanjung Aan dan pantai Papuma adalah dua di antara dari banyak pantai lainnya yang memiliki keunikannya masing-masing seperi pasir putih yang lembut dan kasar berada di dua sisi yang berbeda. Masih banyak yang lainnya seperti Nusa Penida, pantai Klayar, Wakatobi, Gili Trawangan dan yang belum bisa saya sebutkan karena daftarnya akan menjadi panjang.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
Pantai Papuma yang mempunyai garis panati yang unik dengan pasir putih lembut dan batu-batu karang

(6) Hutan hujan
Dari laman Mongabay, Food and Agriculture Organization of the United Nations: The State of the World’s Forests, Indonesia mempunyai luas hutan hujan mencapai 1.049.412 kilometer persegi. Indonesia disebut-sebut sebagai jantung dunia. Hal ini menggembirakan sekaligus mengkhawatirkan karena pembukaan hutan masih saja terus dilakukan. Tidak semua hutan hujan ini dijadikan tempat wisata, salah satu hutan yang menawarkan wana wisata adalah Wana Wisata Jayagiri di Lembang, Bandung. Kita bisa berangkat dari Lembang menyusuri hutan sampai di titik akhirnya adalah Tangkuban Perahu.

(7) Gletser
Menurut GLIMS (Global Land Ice Measurements from Space), Indonesia memiliki 128 gletser. Hanya saja gletser di puncak Jayawijaya bisa jadi menjadi gletser tropis terakhir dengan adanya pemanasan global.

Jadi, tunggu apalagi, para traveler Indonesia, kita harus bangga dengan negara kita yang memiliki banyak kelebihan alam dan membuat dunia takjub. Di balik keindahan itu semua, ada tantangan bagi kita semua. Bisakah kita menjaganya? Menjadi kebersihannya, menjaga ketertibannya dan menjadi keamanan dan kenyamanan kita semua.

Menikmati keindahan gunung Bromo, pemandangan pantai Papuma, pemndangan bawah laut di Bunaken, dan pemandangan air terjun Tirtosari merupakan hal yang menakjubkan bagi traveler ala kadarnya di Indonesia. Ada yang lebih menarik dari itu seperti Raja Ampat di Papua, Nusa Penida di Bali, Danau Rinjani di Lombok, dan masih banyak tempat-tempat yang luar biasa indahnya. Jadi kita harus bangga bisa jalan-jalan di negara terindah di dunia. Dan jangan lupa, buat kenangan terindah agar yang bisa kita ceritakan pada keluarga dan handai taulan kita.

Sumber:

  1. https://www.kompas.com/properti/read/2022/02/13/133925021/indonesia-dinobatkan-jadi-negara-terindah-di-dunia-kalahkan-selandia?page=all
  2. https://travel.kompas.com/read/2022/02/17/200800027/indonesia-jadi-negara-terindah-di-dunia-ini-7-keindahan-alamnya?page=all
  3. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20220214105106-269-758848/indonesia-negara-terindah-di-dunia-kalahkan-selandia-baru
  4. https://katadata.co.id/sitinuraeni/berita/621352c706b4e/8-negara-terindah-di-dunia-indonesia-di-posisi-pertama

Foto adalah milik pribadi.