• Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Puskesmas merupakan salah satu instansi yang bergerak di bidang kesehatan masyarakat. Puskesmas sebagai penanggung jawab penyelenggaraan upaya kesehatan terdepan, kehadiranya ditengah masyarakat tidak hanya berfungsi sebagai pusat pelayanan bagi masyarakat.

Kepuasan masyarakat akan pelayanan yang diberikan oleh puskesmas sangat dipengaruhi oleh kecepatan dan ketepatan dari para petugas dalam menangani pasien, dimulai dari pasien mendaftarkan diri di loket pendaftaran sampai pasien tersebut di periksa oleh tenaga medis dan mendapatkan obat.

Puskesmas Candi merupakan salah satu puskesmas di daerah Kabupatan Pacitan yang beralamat di Jl. Pacitan-Watukarung Km. 14, Desa Candi. Dimana pada pelayanannya puskesmas Candi melayani pemeriksaan penyakit, rawat jalan, rawat inap dan rujukan.

Pasien yang diputuskan oleh dokter untuk rawat inap, maka akan menempati kamar tertentu selama beberapa hari. Kemudian setiap hari pasien akan mendapatkan kunjungan dokter untuk mengecek kondisi pasien. Permasalahannya dokter kesulitan mencari rekam medis pasien jika pasien kembali rawat inap. begitupun dengan rawat jalan yaitu dokter hanya memeriksa dan memberi obat sampai pasien tersebut sembuh.

Proses pelayanan pada puskesmas Candi mulai dari pendaftaran pasien, rekam medis masih menggunakan pencatatan dan pelaporan yang dilakukan dengan cara manual serta belum terkoordinasi dengan baik. contohnya ketika petugas mengambil rekam medis harus mencari ditempat lemari besar, hal ini menimbulkan beberapa kendala yang sering menghambat pihak puskesmas, terutama dalam memperoleh infor-masi yang berhubungan dengan informasi pasien dan rekam medis pasien.

Untuk proses pelayanan pendaftaran pasien biasanya jika pasien tersebut termasuk pasien lama petugas pendaftaran akan mencari data pasien yang berobat dalam dokumen arsip sehingga menyebabkan terlalu lama dalam proses pelayanannya. Selain itu juga sering terjadinya kesulitan dan keterlambatan dalam pembuatan rekapitulasi kunjungan pasien setiap harinya atau laporan bulanan karena dalam pencata-tan dan pengumpulan datanya masih dilakukan secara manual.

Perkembangan Teknologi web sebagai media yang menjadikan banyak informasi, membuat penggunanya semakin ingin selalu menggunakan aplikasi tersebut karena web berbasis multi platform dan lebih praktis digunakan. Aplikasi web juga mudah dikembangkan dan digunakan, selain itu web tidak hanya dapat dibuka menggunakan PC saja, pada saat ini aplikasi web lebih banyak dibuka di handphone, tablet ataupun perangkat lainya. Selain web aplikasi android sekarang juga menjadi salah satu aplikasi yang banyak digunakan di masyarakat, selain simple aplikasi terse-but juga bisa dikembangkan sesuai keinginan kita dan dapat dipublikasikan seluas mungkin menggunakan Google Play Store yang ada disetiap device android. Sehingga masyarakat yang ingin mengunduh aplikasi tersebut hanya tinggal mencarinya didalam aplikasi Google Play Store yang ada disetiap handphone mereka. Untuk mengatasi permasalahan yang ada pada Puskesmas Candi, dengan memanfaatkan teknologi web dan android untuk membangun suatu sistem informasi yang dapat mengolah data secara cepat, tepat, dan akurat sehingga memudahkan petugas dalam mengntry data kedalam sistem dan dapat dicari kembali dengan san-gat cepat dilain waktu. Selain itu aplikasi android yang dibangun ini dapat membantu memberikan informasi kepada masyarakat tentang Puskesmas dengan cepat dan mudah. Sistem tersebut berupa “Sistem Informasi Rekam Medis di Puskesmas Candi Berbasis WEB dan Android”.

~ Bagas Sanjaya.