Definisi Pemgrograman Android

Android adalah Sistem Operasi Mobile yang didasarkan pada versi modifikasi dari kernel Linux dan Software open source lainnya, yang dirancang terutama untuk device mobile touchscreen seperti smartphone dan tablet. Android dikembangkan oleh konsorsium pengembang yang dikenal sebagai Open Handset Alliance, dengan kontributor utama dan pemasar komersialnya Google yang dipelopori oleh Android Inc., yang dibeli Google pada 2005, Android diluncurkan pada tahun 2007 dengan perangkat Android komersial pertama diluncurkan pada September 2008. Versi stabil saat ini adalah Android 10 yang  dirilis pada 3 September 2019.

Sejarah Sistem Operasi Android

Sebelum dimiliki oleh Google, Android sendiri adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh perusahaan bernama Android, Inc. yang didirikan di Palo Alto, California pada bulan Oktober 2003 oleh Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White. Pada Juli 2005, Google mengakuisisi Android Inc. setidaknya $ 50 juta Dollar AS. Karyawan utamanya, termasuk Rubin, Miner dan White bergabung dengan Google sebagai bagian dari akuisisi tersebut. Tidak banyak yang diketahui tentang Android pada saat itu, perusahaan ini hanya mengklaim membuat software untuk perangkant seluler saja.
Pada 5 November 2007, dirilislah sistem operasi pertama Android dengan ditandai juga didirikannya Open Handset Allience (OHA) yang tidak lain dan tidak bukan adalah bekerja untuk melakukan pengembangan standar terbuka bagi perangkat seluler. Di tahun 2008, akhirnya dirilislah HTC Dream (T-Mobile G1), HP pertama yang menggunakan sistem operasi Android.

Platform Sistem Operasi Android

Banyak yang mengira bahwa sistem operasi Android dengan sistem operasi yang ada pada desktop. Padahal kenyataannya tidak, Sistem Operasi Android yakni berbasis Layered Environtment, yakni dibangun diatas Kernel Linux yang kaya akan fungsionalitas. Sub-system User Interfacenya meliputi elemen-elemen seperti Windowsviews, dan widget yang digunakan untuk menampilkan fitur edit box, list, atau drop-down list.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
Dalam dekade terakhir, web seluler telah diubah oleh adopsi smartphone di seluruh aplikasi berbasis konsumen dan bisnis, termasuk Android. Teknologi web “Responsive” telah membuat utilitas pada perangkat seluler sangat ditingkatkan dan mampu beradaptasi di berbagai ukuran layar mobile device.

Memory Management

Karena perangkat Android umumnya bertenaga baterai, Android dirancang untuk mengelola memori (RAM) guna menjaga konsumsi daya minimal, berbeda dengan sistem operasi desktop yang bisa terhubung pada sumber daya listrik tak terbatas.
Ketika sebuah aplikasi Android tidak lagi digunakan, sistem secara otomatis akan menangguhkannya (suspend) dalam memori – secara teknis aplikasi tersebut masih “terbuka”, jika ditangguhkan maka aplikasi tidak akan mengonsumsi sumber daya (misalnya daya baterai atau daya pemrosesan), dan akan “diam” di latar belakang hingga aplikasi tersebut digunakan kembali.
Cara ini memiliki manfaat ganda, tidak hanya meningkatkan respon perangkat Android karena aplikasi tidak perlu ditutup dan dibuka kembali dari awal setiap saat, tetapi juga memastikan bahwa aplikasi yang berjalan di latar belakang tidak menghabiskan daya secara sia-sia.
Android mengelola aplikasi yang tersimpan di memori secara otomatis: ketika memori lemah, sistem akan menonaktifkan aplikasi dan proses yang tidak aktif untuk sementara waktu, aplikasi akan dinonaktifkan dalam urutan terbalik, dimulai dari yang terakhir digunakan.

Kesimpulan

Artikel ini berfungsi sebagai pengantar untuk Android dari tingkat dasarnya saja, termasuk struktur dasar ataupun platform untuk membuat kamu bersemangat menjelajahi lebih banyak platform Android. Android telah berubah dari pemain pasar menjadi kekuatan dominan dalam waktu yang relatif singkat. Pada artikel selanjutnya kita akan membahas lebih dalam mengenai Sistem operasi Android.

Sumber : developer.ibm.com
Berikut Contoh Pembuatan Aplikasi Berbasis Android : http://redaksi.pens.ac.id/2021/01/05/aplikasi-pengenalan-tusuk-jahit-berbasis-android/

Nur Aflah Syafrina – PENS
Teknologi dalam pembuatan project akhir – Keterampilan Komunikasi