Nah bagaimana ilmu bermain cahaya yang sebelumnya cukup bermanfaatkan dalam mengisi rangkaian kegiatan di rumah aja. Apalagi yang hobby banget memotret. Nah kali ini aku akan berbagi pengalaman nih, Soal Teknik cahaya lain. Penasaran  kan ? Yaudah langsung kepoin aja lanjut baca ke kolom yang bawah.

Nah pada kesempatan kali ini mari kita belajar bersama mengenai light painting dan bermain bersama bayangan. Pasti udah banyak yang tahu kan tentang light painting. Namun tidak banyak yang mengerti penjelasan aslinya itu seperti apa. Light Painting Fotografi adalah salah satu teknik kreatif dalam fotografi. Light painting disebut juga melukis foto dengan cahaya. Teknik light painting ini adalah cabang kreatif dari teknik bulb fotografi. Teknik ini mudah dilakukan, bahkan dilakukan oleh satu orang fotografer pun bisa. Menurut wikipedia , Pengertian Light Painting adalah teknik fotografi yang eksposur dibuat dengan memindahkan sumber cahaya genggam atau dengan menggerakkan kamera. Kita bisa menggunakan objek apapun yang ingin kita potret sesuai dengan tujuan masing masing, lalu siapkan juga sumber cahaya yang akan kamu mainkan untuk objek tersebut, dan yang terkahir adalah kamera untuk memotret. JIka ada bisa gunakan lampu flash agar kontras cahayanya terlihat terang.Jadi atur shutter speednya menjadi 10 sampai 30 detik(second) sesuai dengan bentuk cahaya yang akan kamu buat apakah agak sulit atau hanya memerlukan waktu yang sebentar. Dan inilah contoh yang saya buat.

Nah pada  hasil foto yang saya buat ini saya lakukan ditempat yang tertutup dan minim cahaya agar tidak timbul suatu bayangan. Lalu saya memanfaatkan layar handphone untuk menjadi sumber cahaya yang akan saya mainkan. Nah disini saya memiliki ide seperti pertarungan star wars, namun agak fail dikarenakan untuk lurus mengarahkan cahayanya itu agak susah, serta  saya perlu bergantian jalannya untuk mengarahkan sinar cahaya pedangnya. Agar tidak ada bekas tangan pada cahaya pedang tersebut karena saling bertubrukan. Dan dua foto tersebut menjadi perbandingan ditempat yang cukup gelap jika tidak memakai lighting tambahan dan memakai. Jadi mungkin sekian pengalaman yang bisa saya bagikan dan jangan lupa untuk tetap bahagia….