Dalam dunia fotografi, pencahayaan merupakan salah satu aspek yang penting untuk menghasilkan gambar yang bagus. Berbeda sudut pengambilan gambar, maka intensitas cahaya yang didapatkan juga berbeda sehingga tentu saja gambar yang dihasilkan tidaklah sama. Oleh karena itu, sebagai seorang fotografer wajib mengenal jenis-jenis pencahayaan dalam fotografi untuk bisa menghasilkan jepretan sesuai yang diinginkan. Pola Pencahayaan atau dalam Bahasa Inggris disebut Lighting Pattern dapat didefinisikan dimana cahaya dan bayangan terbentuk pada wajah untuk menciptakan bentuk yang berbeda.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Secara sederhana ada empat pola pencahayaan dalam pemotretan secara umum, bahkan pola pencahayaan ini juga sangat penting untuk para fotografer yang senang melukis potret, salah satunya yaitu Rembrant Lighting. Rembrandt Lighting adalah salah satu dari 5 pengaturan pencahayaan dasar yang digunakan dalam fotografi potret studio. Ada dua hal yang membentuk Rembrandt Lighting, yaitu sebuah cahaya di setengah wajah, dan sebuah segitiga cahaya di sisi gelap wajah model. Jika pencahayaan Rembrandt yang ‘asli’, bayangan segitiga seharusnya tidak lebih lebar dari mata, dan tidak lebih dari hidung. Hal yang membedakan Rembrandt Lighting dari pencahayaan pendek sederhana adalah segitiga cahaya.

Untuk membuat Rembrandt Lighting, subjek harus berbalik sedikit menjauh dari cahaya. Cahaya harus berada di atas bagian atas kepala subyek sehingga bayangan dari hidung jatuh ke bawah menuju pipi subyek. Wajah setiap orang sangat berpengaruh untuk menciptakan pencahayaan Rembrandt. Jika subyek memiliki tulang pipi yang tinggi atau menonjol mungkin pencahayaan ini akan bekerja. Pencahayaan Rembrandt pada tingkat paling dasar dibangun dengan satu sumber cahaya ditempatkan kira-kira 45 derajat diimbangi dari subjek dan sedikit lebih tinggi dari ketinggian mata, menerangi sisi wajah yang paling jauh dari kamera.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
Sumber : Google

Salah satu alasan banyak fotografer menggunakan Rembrandt Lighting adalah relatif mudah diatur, dan hanya membutuhkan satu sumber cahaya saja. Pola pencahayaan ini bekerja dengan baik untuk subjek yang akan wajah penuh atau bundar (karena menambah definisi dan slims wajah), tetapi umumnya bukan pilihan yang baik untuk wajah sempit.