Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh.

Jumpa lagi dengan saya, sobat redaksi. Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kita semua selalu diberi kesehatan oleh Allah. Jangan lupa untuk tetap semangat ya sobat meskipun saat ini masih ada pandemi. Semoga pandemi ini segera berakhir.

Oke, lagi lagi saya akan membagikan sedikit informasi tentang pemrograman web. Yup, masih tentang database nih sob. Di artikel sebelumnya sudah saya bahas tentang query insert dan query select yang bisa digunakan untuk menambahkan data dan menampilkan keseluruhan data yang tersimpan. Nah, kali ini saya akan membahas sedikit tambahan tentang query select yang bisa digunakan untuk menampilkan salah satu atau beberapa data yang kita inginkan. Untuk membuatnya pada kode program ditambahkan WHERE.

Cara menulisnya yaitu SELECT column 1, column 2, … FROM table name WHERE condition. Nah, untuk lebih mudah memahami coba lihat kode program di bawah ini.

Kode program di atas akan mencari data yang sesuai dengan apa yang kita ketik di kolom pencarian. Namun kita harus mengetiknya lengkap sesuai yang ada pada database, misalnya mencari nomor handphone yang berjumlah 12 angka, maka kita harus mengetiknya sama persis 12 angka baru data bisa ditemukan. Padahal itu membutuhkan waktu yang relatif lama. Nah untuk memudahkan pencarian kita bisa menambahkan LIKE dan tanda % pada condition. Penulisannya adalah seperti ini, SELECT column 1, column 2, … FROM table name WHERE condition LIKE ‘%var%’ . Penempatan tanda % mempengaruhi data yang akan ditemukan. Penulisan % menunjukkan variabel bebas, jika posisi % didepan, artinya bagian depan adalah variabel bebasnya (variabel yang tidak ditentukan berdasarkan pencarian ), begitupun sebaliknya jika % berada di bagian belakang, maka bagian belakang bebas, artinya yang kita kontrol adalah bagian depannya.