Bismi-llāhi ar-raḥmāni ar-raḥīm…

Assalamualaikum wr. wb, selamat belajar, semuanya. Perkenalkan, saya Salma dari kelas D3 EB. Pada kesempatan kali ini, kita akan belajar yaitu… jeng jeng jengggg FUNGSI. Apakah fungsi hitung-hitungan seperti matematika? Atau fungsi-fungsi yang lainnya? Tenang saja, FUNGSI yang dipelajari kali ini adalah FUNGSI dalam bahasa php.

Apa itu FUNGSI? Fungsi adalah sebuah subprogram yang dibuat untuk membantu main program. Maksudnya subprogram, main program, program main-main? Mari simak contoh sederhana yang bahkan anak TK saja paham berikut ini.

Ada sebuah pabrik pembuatan toolbox. Pabrik ini adalah main program atau program utama. Terdapat buruh A yang bertugas untuk membuat obeng dari parts yang lebih kecil. Buruh A adalah FUNGSI pebuat obeng. Obeng, adalah apa yang dilakukan FUNGSI tersebut. Obeng tersebut pasti tersusun dari bagian-bagian kecil yang bisa dianggap sebagai variabel dan operasi yang ada. Temannya buruh A, yaitu buruh R misalkan, adalah bagian pembuatan kotak toolbox. Lalu ada lagi temannya yang bagian pengecekan, pewarnaan, pembuatan pcb dan lain-lain. Semua buruh bersahabat ini adalah subprogram untuk membantu pabrik (main program).

Bagaimana? Ada yang ingin bekerja sebagai buruh secara langsung agar memahami materi FUNGSI ini? Tidak perlu, ya, karena setelah ini adalah bedah materi dengan praktik program kalkulator sederhana!

<form method=POST action=”><label>Masukkan angka pertama–> </label><input type=text name=i value=”<?php if(!empty($_POST[‘i’])) echo $_POST[‘i’]?>”> <br><label>Masukkan angka kedua–></label> <input type=text name=j value=”<?php if(!empty($_POST[‘j’])) echo $_POST[‘j’]?>”> <br><input type=submit value=+ name= + ><input type=submit value=- name= – ><input type=submit value=* name= * ><input type=submit value=/ name= / ></form><?php

function tambah($x, $y){return $x+$y;}

function kurang ($x, $y){return $x-$y;}

function kali($x, $y){return $x*$y;}

function bagi ($x, $y){return $x/$y;}

if (isset($_POST[‘+’])){echo tambah($_POST[‘i’],$_POST[‘j’]);}

elseif (isset($_POST[‘-‘])){    echo kurang($_POST[‘i’],$_POST[‘j’]);}

if (isset($_POST[‘*’])){echo kali($_POST[‘i’],$_POST[‘j’]);}

elseif (isset($_POST[‘/’])){    echo bagi($_POST[‘i’],$_POST[‘j’]);}
?>

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
Hasil Program kalkulator

Pada praktik di atas, terdapat program kalkulator sederhana. Kalkulator ini terdiri dari 4 fungsi yaitu 1 fungsi setiap tombol submit. Di mana tombol submit itu ditekan, di mana pula fungsi itu yang di-echo atau ditampilkan.


Tidak terasa kita sudah banyak belajar untuk materi fungsi kali ini. Pelajaran yang dapat diambil dari materi ini beside the actual materi adalah jadilah seperti FUNCTION yang dapat bermanfaat bagi program lain namun masih berdiri sendiri dengan independen-nya. Namun, jadilah seperti FUNCTION yang meskiput sudah memiliki fungsi sendiri, tak akan lepas dari program utamanya karena apabila lepas, tidak ada yang dapat meng-echo-nya.

Sekiranya itu saja materi pada kali ini, semoga bermanfaat dan menghibur kita semua. Untuk menutup pembelajaran marilah kita membaca hamdalah bersama-sama…

Alħamdu lillāhi rabbil Ꜥālamīn….

Sekian materi ini, saya Salma di studio redaksi pens izin undur diri. Wassalamualaikum wr. wb