Bismi-llāhi ar-raḥmāni ar-raḥīm…

Assalamualaikum wr. wb, selamat belajar, semuanya. Perkenalkan, saya Salma dari kelas D3 EB. Mau belajar apa ya kita hari ini? Sudah bisa dilihat dijudulnya ya, semuanya. Kita akan belajar tentang ARRAY. Hmmm… Kayaknya pernah dengar di suatu tempat, ya? Tentunya sudah, dong! Pada semester ganjil kemarin kita belajar tentang ARRAY dalam bahasa C. Hayo… siapa yang masih ingat? Boleh dong sharing-sharing hehehe… Kalau sudah ingat, lebih baik lagi kalau kita belajar tentang ARRAY ini lagi.

Apa itu ARRAY? Array adalah salah satu struktur data yang berisi sekumpulan data dan memiliki indeks. Indeks kalau bahasa gampangnya adalah tempat nilai/data itu disimpan pada komputer itu.

Ibaratnya kelas D3EB adalah array. Kelas D3EB sedang menempati lab JJ-101 dan masing-masing mahasiswa menempati tempatnya sesuai NRP-nya masing-masing. Tempat duduk masing-masing mahasiswa ini adalah index. Sementara itu, mahasiswa seperti Seno, Lutfy, Angela, Tito, dan Saya adalah nilai/datanya. Kemudian Pak Firman akan meng-echo kita untuk menulis di papan. Seperti itulah yang namanya ARRAY dan index-nya, dan data-nya, dan segala yang dia punya.

Muak dengan teori? Hahaha… Untung kuliah di politeknik. Mari kita belajar langsung di praktik berikut!

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
Program untuk ARRAY
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
Hasil program ARRAY

Pada praktik di atas, kita membuat program untuk menampilkan ARRAY dengan bahasa php. Pada gambar pertama bagian kotak merah, ARRAY ditampilkan dengan menunjuk nomor indeksnya. Hasilnya akan nampak seperti gambar kedua bagian atas. Jangan lupa, agar variabel $anak[0] nya dapat muncul sebagai plain text, harus dirusak formatnya agar tidak menjadi ARRAY.

Pada gambar pertama bagian kotak kuning ELKA, ARRAY ditampilkan tanpa menunjuk nomor indeksnya. Hasilnya akan nampak seperti gambar kedua bagian kedua dari atas atas.

Pada gambar pertama bagian kotak hijau daun, ARRAY ditampilkan dengan foreach. Foreach maksudnya adalah “Untuk masing-masing array ini, nilai/datanya adalah itu“. Hasilnya akan nampak seperti gambar kedua bagian kedua dari bawah.

Pada gambar pertama bagian kotak biru bagaikan langit di sore hari, ARRAY ditampilkan secara asosiatif. Maksutnya, kita akan ambil contoh yaitu

$tilpun [‘Anta’] = “140-45”;

echo “No. telp favorit Anta : “. $tilpun [‘Anta’];

Untuk ARRAY $tilpun[], terdapat data ‘Anta’. Isi nilai datanya adalah ‘140-45’. Saat dipanggil, menjadi ‘No. telp favorit Anta : 140-45’. Kedudukannya adalah sama, maka dari itu dinamakan asosiatif. Hasilnya akan nampak seperti gambar kedua bagian atas.


Sudah banyak yang kita pelajari kali ini, mulai dari ARRAY ini ARRAY itu, dll dsb bisa di-review lagi di kolom komentar bagi yang mau dapat pahala :)).

Sekiranya itu saja materi pada kali ini, semoga bermanfaat dan menghibur kita semua. Untuk menutup pembelajaran marilah kita membaca hamdalah bersama-sama…

Alħamdu lillāhi rabbil Ꜥālamīn….

Sekian materi ini, saya Salma di studio redaksi pens izin undur diri. Wassalamualaikum wr. wb