Hai sobat redaksiana, bertemu dengan saya Fuadlutfi disini, saya telah mengalami banyak peristiwa yang mengejutkan dan luar biasa epic.

yah, hari ini kita akan membahas sebuah struktur dalam sebuah variable bahasa C

Pengertian Variabel dalam Bahasa C

Variabel adalah ‘penanda’ identitas yang digunakan untuk menampung suatu nilai. Nilai tersebut dapat diubah sepanjang kode program. Secara teknis, variabel merujuk kepada suatu alamat di memory komputer. Setiap variabel memiliki nama yang sebagai identitas untuk variabel tersebut.

Sebagai contoh, jika saya membuat program menghitung luas lingkaran, saya bisa membuat variabel ‘jari2‘ dan mengisinya dengan nilai ‘7’, kemudian di dalam kode program, saya bisa mengubah nilainya menjadi ‘8’, ’10’ atau ‘1000’. Sedangkan jika ‘jari2‘ ini dibuat sebagai konstanta, maka nilainya akan tetap ‘7’ sepanjang program dijalankan.

Aturan Penamaan Variabel dalam Bahasa C

Penamaan variabel merujuk ke aturan identifier yang pernah kita bahas beberapa tutorial sebelumnya. Berikut aturan penamaan variabel di dalam bahasa pemrograman C:

  • Variabel bisa terdiri dari huruf, angka dan karakter underscore / garis bawah ( _ ).
  • Karakter pertama dari variabel hanya boleh berupa huruf dan underscore ( _ ), tidak bisa berupa angka. Meskipun dibolehkan, sebaiknya tidak menggunakan karakter underscore sebagai awal dari variabel karena bisa bentrok dengan beberapa variabel settingan program.
  • Variabel harus selain dari keyword. Sebagai contoh, kita tidak bisa memakai kata int sebagai nama variabel, karena int merupakan keyword untuk menandakan tipe data integer.
  • Beberapa compiler bahasa C ada yang membatasi panjang variabel maksimal 31 karakter. Agar lebih aman, sebaiknya tidak menulis nama variabel yang lebih dari 31 karakter.

Cara Penulisan Variabel di dalam bahasa C

Ketika akan menulis variabel, dalam hampir semua bahasa pemrograman terdapat 2 proses: deklarasi dan inisialisasi.

Deklarasi adalah proses untuk memberitahukan compiler bahasa C bahwa kita akan membuat sebuah variabel. Bahasa C termasuk bahasa pemrograman yang menggunakan konsep strongly typed programming language, yang artinya untuk setiap variabel harus ditulis akan berisi tipe data apa. Apakah itu angka bulat (integer), angka pecahan (float), huruf (char), atau yang lain.

Ketika kita ingin membuat variabel, harus ditentukan dulu apa tipe data dari variabel tersebut. Pembahasan mengenai tipe data di dalam bahasa C akan kita bahas dalam tutorial tersendiri, namun berikut tipe data yang sering dipakai:

  • Tipe data integer, yakni tipe data angka bulat seperti 1, 5 atau 1000. Tipe data integer ditulis dengan keyword int.
  • Tipe data float, yakni tipe data angka pecahan seperti 1.33,  5.90 atau 1000.99. Tipe data float ditulis dengan keyword float.
  • Tipe data character, yakni tipe data huruf seperti ‘A’, ‘a’, atau ‘Z’. Tipe data character ditulis dengan keyword char.

STRUKTUR VARIABEL

Pengertian Tipe Data Struct

Dalam bahasa C, struct adalah tipe data bentukan yang terdiri dari kumpulan tipe data lain. Struct mirip seperti array, tapi struct bisa menampung lebih dari 1 jenis tipe data. Jika sebelumnya anda pernah belajar bahasa pemrograman Pascal, struct dalam bahasa C sangat mirip seperti record di Pascal.

Tipe data struct cocok dipakai untuk menampung data berkelompok. Misalnya saya ingin membuat biodata siswa. Setiap siswa memiliki data nama, nama sekolah serta jumlah uang saku. Menggunakan cara biasa, semua data ini bisa ditampung ke dalam 3 variabel berikut:

1
2
3
char nama_siswa01[50] = "Andi Permana Nugroho";
char nama_sekolah_siswa01[50] = "SMA 1 Lumut Ijo";
unsigned int uang_saku_siswa01 = 10000;

Untuk siswa kedua, tinggal membuat penamaan yang sama, yakni nama_siswa02, nama_sekolah_siswa02 dan uang_saku_siswa02.

Cara ini tidak salah, namun setiap variabel seolah-olah terpisah satu sama lain. Satu-satunya yang menghubungkan ketika variabel hanya dari penamaan saja. Kita juga tidak bisa menggunakan array karena 3 data di atas memiliki tipe data yang berbeda. Dalam kasus seperti inilah tipe data struct cocok digunakan.

1. Membuat program yang menampilkan hari esok setelah tanggal yang di inputkann dengan keyboard.

#include<stdio.h>
#include<conio.h>

struct tanggal { /*definisi global dari tipe tanggal */
int tgl;
int bln;
int thn;
};

void cetak_tgl(struct tanggal now)
{
static char *bulan[]={
“Kode bulan salah”,
“Januari”,
“Februari”,
“Maret”,
“April”,
“Mei”,
“Juni”,
“Juli”,
“Agustus”,
“September”,
“Oktober”,
“November”,
“Desember”
};

printf(“\nBesok Tanggal adalah : “);
if(now.tgl==0)
printf(“%d %s %d\n”,now.tgl+1,bulan[now.bln+1],now.thn);
else
printf(“%d %s %d\n”,now.tgl+1,bulan[now.bln],now.thn);

}
void main()
{
struct tanggal skr;

printf(“Masukkan tanggal hari ini (tgl/bln/thn): “);
scanf(“%d/%d/%d”,&skr.tgl,&skr.bln,&skr.thn);
if(skr.tgl==31)
skr.tgl=0;
cetak_tgl(skr);

getch();
}

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest