Assalamualaikum Wr.Wb.
Sebelumnya perkenalkan nama saya Fathur Rizky dari PENS 2019. Dari jurusan D4 Elektronika B.
Pada saat ini kita akan belajar tentang Variabel Pointer dan dan Penggunaannya dalam fungsi. Dari Judul yang akan dipelajari , kita memiliki tujuannya yaitu Mempelajari Variabel pointer dalam variabel bertipe interger,array dan string serta penggunaan pointer daam suat fungsi, baik sebagai petunjuk fungsi atau sebagai argument fugsi.
Langsung saja untuk memulai percobaannya
- Menampilkan 12 bilangan dengan menyimpan dalam suatu array, kemudian mengurutkannya
#include<stdio.h>
#include<string.h>
main()
{
static int a,b[16],c,d;
menu:
printf(“\n Angka sebelum diurutkan …\n”);
for(a=1;a<13;a++)
{
printf(” Angka ke %d = “,a);
scanf(“%d”,&b[a]);
}
printf(“\n Angka setelah diurutkan …\n”);
for(a=1;a<13;a++)
{
for(d=a+1;d<13;d++)
{
if(*(b+a)>*(b+d))
{
c=*(b+d);
*(b+d)=*(b+a);
*(b+a)=c;
}
}
printf(” Angka ke %d = %d\n”,a,*(b+a));
}
}
- Membua karakter X pada suatu array 12 x 12
#include<stdio.h>
#include<stdlib.h>
#include<string.h>
main()
{
static int a[12][12],b,c,*d,e,f,g;
char h[8],*i;
menu1:
g=1;
for(e=0;e<12;e++)
{
for(f=0;f<12;f++)
a[e][f]=48;
}
menu2:
system(“cls”);
d=&a;
printf(“\n\r”);
for(e=1;e<13;e++)
{
for(f=1;f<13;f++)
printf(“%2c”,*d++);
puts(“”);
}
if(g>1)
{
printf(“\n Ketik ‘lanjut’ untuk melanjutkan.”);
printf(“\n Ketik ‘ulang’ untuk mengulang dari awal.”);
printf(“\n Ketik ‘exit’ untuk keluar.\n “);
gets(h);
gets(h);
i=strlwr(h);
if(strcmp(i,”lanjut”)==0)
{
g=1;
goto menu2;
}
else if(strcmp(i,”ulang”)==0)
goto menu1;
else if(strcmp(i,”exit”)==0);
else goto menu2;
}
else
{
g++;
printf(“\n Masukkan koordinat matrix dengan jarak 1 – 12 …\n “);
scanf(“%d%d”,&c,&b);
–b;
–c;
a[b][c]=120;
goto menu2;
}
}
Kesimpulan
- Pointer adalah suatu variabel yang menunjuk ke alamat memory variabel yang lainnya.
- Suatu pointer bukan berisi dengan suatu nilai data seperti halnya pada variabel biasa, variabel pointer berisi dengan suatu alamat.
- Untuk mendeklarasikan variabel pointer kita menggunakan tanda asterik / bintang (*) didepan variabel yang di deklarasikan pada tipe data tertentu.
- Tanda ini juga dapat dipakai untuk mengakses nilai dari variabel yang telah ditunjuk.
- Untuk mendapatkan alamat dari variabel pointer kita menggunakan tanda &
SekianĀ terima kasih , semoga berrmanfaat
Assalamualaikum Wr. Wb.
Recent Comments