Assalamualaikum wr. wb

 

Halo sahabat redaksiana PENS! Bagaimana kuliahnya? Banyak tugas? Laporan? KPP bahkan? Tentunya tetap semangat dong untuk terus berjuang di Kampus Perjuangan ini! Ketemu lagi dengan saya Salma dari kelas 1 D3 Elka B yang akan menemani kalian belajar santuy dalam artikel ini. Sebelum mulai, alangkah baiknya kita berdoa terlebih dahulu sesuai dengan keyakinan masing-masing agar kita kerap giat menambah ilmu kita dan segala yang kita pelajari dapat bermanfaat.

Pada kesempatan kali ini, kita akan belajar ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN tentang bahasa C dengan aplikasi CodeBlocks tentang Variabel POINTER. Apa itu Variable POINTER? Apa tujuanya kita belajar materi ini? Kuy langsung aja kita masuk ke teori nya!

 

 


 

BUAT APA SIH?

 

Buat apa kita belajar Variabel POINTER? Variabel POINTER ini kalau digabungkan dengan variabel integer, array, dan string, akan menunjuk sebuah fungsi atau sebagai argumen fungsi. POINTER ini juga bisa untuk menunjuk pointer lainnya.

 

 

APAAN SIH?

 

Variabel POINTER adalah suatu variabel yang menyimpan alamat dari variabel yang ditunjuk. Jangan lupa menyesuaikan jenis data dengan tipe pointer agar alokasi memori (baca: mengambil dan menyimpan data) dapat terjaga dengan baik. Variabel POINTER ini gunanya adalah untuk mentransfer data berkapasitas besar melalui sebuang fungsi. Variabel POINTER ini 11 12 dengan Variabel ARRAY, jadi bisa dijadikan pengganti.

 

 

KUY LAH KITA NUGAS….

 

Ayiokkk.

 

 


 

 

1. Program Mengurutkan Angka

Program ini sesuai namanya, akan mengurutkan angka yang dimasukkan. Setelah di-run, masukkan 12 angka bebas. Angka-angka yang dimasukkan kemudian akan diproses dengan fungsi dengan argumen berupa pointer (lihat gambar agar lebih jelas).

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

 

 

2. Program PaanXi

Program PaanXi (baca: paan si) akan menyimpan data karakter X pada suatu array dimensi 12×12 yang kemudian ditampilkan dengan index pointer. PaanXi memiliki kepanjangan (P)ointer (A)rray 0 (A)ka(N) menjadi (X) dengan (I)ndex pointer. Berikut programnya.

 

#include<stdio.h>
#include<stdlib.h>
#include<string.h>
main()
{
static int a[12][12],b,c,*d,e,f,g;
char h[8],*i;
menu1:
g=1;
for(e=0;e<12;e++)
{
for(f=0;f<12;f++)
a[e][f]=48;
}
menu2:
system(“cls”);
d=&a;
printf(“\n\r”);
for(e=1;e<13;e++)
{
for(f=1;f<13;f++)
printf(“%2c”,*d++);
puts(“”);
}
if(g>1)
{
printf(“\n Ketik ‘lanjut’ untuk melanjutkan.”);
printf(“\n Ketik ‘ulang’ untuk mengulang dari awal.”);
printf(“\n Ketik ‘exit’ untuk keluar.\n “);
gets(h);
gets(h);
i=strlwr(h);
if(strcmp(i,”lanjut”)==0)
{
g=1;
goto menu2;
}
else if(strcmp(i,”ulang”)==0)
goto menu1;
else if(strcmp(i,”exit”)==0);
else goto menu2;
}
else
{
g++;
printf(“\n Masukkan koordinat matrix dengan jarak 1 – 12 …\n “);
scanf(“%d%d”,&b,&c);
–b;
–c;
a[b][c]=120;
goto menu2;
}
}

 

Berikut setelah di-run dan dimasukkan inputnya sembarang.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

 

Yuhu selesai juga… Alhamdulillah…. Saya Salma dari kelas 1 D3 Elka B izin undur diri terima kasih sudah dibaca mohon maaf bila ada salah kata Wassalamualaikum warahmatullah wabarakah.