• Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Assalamu’alaikum wr.wb , apa kabar teman- teman setia pembaca semoga diberi kesehatan, nah disini saya akan sedikit membagikan informasi yang sesuai dengan judul yang telah tertera dalam arikel ini. Temen-temen tau gak sih keuntungan dan kerugian dari streaming dan download music bagi pembuatnya atau pencipt lagu tersebut? Nah disini saya akan membagi kan infonya.

Banyak sekali aplikasi music yang menggunakan internet atau bias dibilang music online sehingga membuat pengguna harus connect dengan internet contohnya seperti YouTube, Spotify, Joox, dan masih banyak lagi. Dari beberapa aplikasi yang saya sebutkan memiliki beberapa kelemahan dan kelebihan, oleh karena itu mari kita ulas keuntungan dan kelebihan terhadap para musisi.

 

  1. YouTube

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Banyak sekali video yang berasal dari youtube apalagi video music, sehingga membuat content music lebih mudah dibuat dan hanya tinggal upload ke youtube dan dapat dinikamati oleh seluruh umat manusia di dunia ini.

Keuntungan dari penggunaan youtube Para creator dapat membuat video music dengan mudah dan sesuka hati, dan mendapat keuntungan melalui Google Adsense. Selain itu juga dalam proses menonton dari youtube juga tidak memerlukan internet yang teralalu besar karena para pengguna dapat memilih besar kecilnya kualitas saat menonton video tersebut.

Kerugian dari penggunaan youtube pendapatan para creator music hanya dihitung dari seberapa banyak para penonton dalam video tersebut, sehingga apabila video tersebut di download maka video tersebut terhitung 1 penonton.

 

  1. Spotify

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Sama seperti dengan YouTube di dalam server akun terdapat banyak sekali album dari para musisi belahan di dunia ini. Sehingga tak bosan para penikmat music dalam mendengar setiap lagu yang berada dalam aplikasi tersebut. Oleh karena itu banyak pula keuntungan dan kerugian yang terdapat berikut kelebihan dan keuntungan bagi para penikmat dan pembuat music.

Keuntungan Bagi para pembuat dapat mendapat keuntungan dari aplikasi tersebut sebesar 195 juta USD pada tahun 2017, pendapatan tersebut terhitung dari seberapa banyak para penikmat dari hasil karya tersebut dan juga seberapa popular lagu tersebut. Ketika lagu tersebut masih kurang popular maka lagu tersebut akan masuk kedalam kategori Radio (pada pilihan di Spotify). Bagi para penikmat / pendengar lagu tentu saja dapat menikmati semua lagu terbaru dan popular sesuai dengan pilihan kita.

Kerugian Bagi para pembuat karya music tentu saja menurunya pendapatan karena harus terbagi dengan keuntungan aplikasi dan juga menurunya pendapatan dari hasil album Compat Disk. Bagi para penikmat juga jika ingin menikmati lagu yang popular dan lagu-lagu dari band yang sudah terkenal ataupun legenda band harus membayar agar dapat menikmati semua lagu atau bisa dikatakan menjadi VIP account.

 

  1. Joox

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Hampir semua aplikasi music online berkiblatkan dari YouTube karena dari youtube dapat mengetahui semua lagu terbaru, popular dan lagu/album yang lagi hits. Oleh karena pembuatan aplikasi music online untuk memudahkan para penikmat  dan dapat digunakan setiap saat.  Setiap pembuatan dari aplikasi selalu memilki keuntungan dan kerugian , berikut keuntungan dan kerugian dari penggunaan dan pembuat music.

Kerugian Bagi para creator music mendapatkan keuntungan hampir sebesar dari keuntungan di Spotify, karena aplikasi Joox kalah tenar dari aplikasi Spotify. Sehingga membuat keuntungan yang tidak terlalu besar. Bagi para penikmat tidak dapat menemukan lagu yang baru dirilis karena dalam server Joox ini tidak terlalu lengkap dari Spotify.

Keuntungan Bagi para creator yang terdapat dari server Joox dapat keuntungan yang hampir menyamai dari Spotify. Dan bagi para penikmat dapat mendownload lagu yang terdapat di server Joox ini, sehingga tidak selalu online dalam mendengar music.

 

Sekian dari artikel yang saya buat ini semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi jika ingin memiliki dari  aplikasi music yang telah saya sebutkan dan jelaskan tersebut. Akan tetapi lebih bagus jika kita membeli lagu atau album rekaman yang telah tersedia di BMG Music, Universal Music, Warner Music Group, dan Sony Music Entertainment. Dan kita sebagai orang Indonesia harus membatu perkembangan music di Indonesia dengan membeli produk rekaman di Indonesia seperti Nagaswara, Aquarius Musikindo, dan lain-lain. Terimakasih dan Wassalamua’laikum wr.wb.