Kebuntuan ide adalah salah satu hal yang sering menghalangi kita dalam menyelesaikan pekerjaan, lebih-lebih buat mahasiswa yang sedang masa-masa Proyek Akhir. Bahkan hal ini menjadi momok yang menakutkan bagi kita yang bekerja di bidang-bidang yang membutuhkan kreativitas. Untuk penulis, ini juga menjadi salah satu yang disebut dengan writer’s blocks.

Hal yang biasa bagi kita mengalami kebuntuan ide. Tidak usah takut. Saat kebuntuan ide kita alami, maka lakukan lima hal ini untuk mengurai kebuntuan ide.

Satu, putar musik baru. Maksudnya cari musik dengan genre yang berbeda dan belum kita dengar sebelumnya. Dengarkan dan nikmati. Tentu saja pilih yang kita bisa menikmatinya.

Dua, ambil kertas dan bulpen atau pensil lalu corat-coretlah. Buat yang bisa menggambar, gambar apa saja. Sekedar coretan benang ruwet juga bagus kok.

Tiga, Take a break. Berhentilah sejenak. Ambillah istirahat, kalau bisa menjauhlah dari benda-benda seperti komputer dan smartphone. Mending kita keluar, menghirup udara segar atau ke kantin ngobrol dengan teman-teman.

Empat, minum kopi. Minum kopi di kantin bisa sendirian atau bersama dengan teman. Nikmati kopinya. Minum dengan perlahan saja. Biarkan kita merasa tenang bersama teguk demi teguk.

Lima, beristirahatlah. Kalau ternyata kita sudah melakukan break, tetapi kita masih mengalami masalah dengan ide kita, maka itu tandanya tubuh kita memang sedang lelah. Beristirahatlah. Kalau perlu tidur. Kita harus menyadari bahwa kita perlu tenaga baru.

Tidak sulit kan? Silahkan dicoba. Kadang hidup itu tidak terlalu berat kalau kita tidak menganggapnya berat.

 

Photo by: Okky Dian Pradika – MMB 2014