Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Perkenalkanlah saya, Bagus Bambang Syahputra, Mahasiswa Kelas 1 D3 Teknik Elektronika B  Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. Pada kesempatan kali ini, saya akan mempublikasikan artikel saya berikutnya.Pada artikel ini, saya akan membahas tentang Pemograman Bahasa C MENGEMBANGKAN FUNGSI-FUNGSI SENDIRI

Penulisan artikel ini sangat menarik dan sangat bermanfaat bagi pembaca, khususnya paara programmer, karena dengan mempelajari hal tersebut, kita dapat mengetahui tentang pemograman Bahasa C. Pada materi ini, MENGEMBANGKAN FUNGSI-FUNGSI SENDIRI merupakan materi lanjutan dari artikel sebelumnya. Sebelum membaca artikel ini, dianjurkan untuk membaca artikel sebelumya.

Suatu fungsi adalah bagian program yang terpisah dari fungsi program utamanya main() dan berdiri sendiri untuk mengerjakan suatu proses tertentu. Suatu fungsi dapat digunakan sebagai fungsi itu sendiri, subrutin dan prosedur seperti istilah yang digunakan pada bahasa pemrograman BASIC atau PASCAL. Tujuan digunakannya fungsi untuk mencegah penggunaan program secara berulang-ulang, sehingga program menjadi sangat panjang. Pada percobaan perobaan di atas telah digunakan fungsi-fungsi dari C, seperti printf(), clrscr(), scanf(), getch(), puts(), for() dan sebagainya, maka disini dicoba untuk membuat fungsi baru dimana tidak ada dalam pustaka bahasa C (Turbo C). Secara aturan fungsi baru dibuat setelah fungsi main() dibuat. Sehingga penempatan fungsi adalah dibawah fungsi main(), tetapi ada kalanya dapat diletakkan di atas fungsi main(). Seperti fungsi-fungsi yang ada dalam #include. Bila fungsi diletakkan di atas fungsi main() maka tidak diperlukan deklarasi fungsi lagi.

Penasaran dengan contoh-contoh dari masing-masing programnya? Sabar ya teman-teman redaksi PENS, tunggu artikel berikutnya.

Untuk kritik dan saran silahkan menghubungi nomor ini : 085536770745 (Only WhatsApp) atau Email : bagusbambang18@gmail.com . Terima kasih telah membaca. Mohon maaf atas kekurangan dalam artikel ini.

 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.