Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Salam Sejahtera bagi kita semua.

Perkenalkanlah saya, Bagus Bambang Syahputra, Mahasiswa Kelas 1 D3 Teknik Elektronika B  Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. Pada kesempatan kali ini, saya akan memperkenalkan artikel ketiga saya. Pada artikel ini, saya akan membahas tentang Pemograman Bahasa C, RE-GISI DITIO, yang merupakan singkatan dari  RELATIONAL OPERATOR, LOGICAL OPERATOR, ASSIGNMENT LOGICAL, AND CONDITIONAL OPERATOR.

Penulisan artikel ini sangat menarik dan sangat bermanfaat bagi pembaca, khususnya paara programmer, karena dengan mempelajari hal tersebut, kita dapat mengetahui tentang pemograman Bahasa C. Selain itu, kita juga dapat mempelajari dan mengamati penggunaan operator yang digunakan sebagai pembanding antara operand satu dengan operand yang lain, yang dapat berupa sebagai variable atau konstanta. Meskipun terlihat rumit dan sulit, namun pada hakikatnya bahasa pemograman C adalah materi yang sangat menarik dan apabila kita dapat menguasainya, kita dapat membuat pemograman sendiri.

Bagimanakah teorinya?

  1. Relational operator adalah operator yang dapat digunakan untuk membandngkan antara dua operand,misal:lebih besar mana a dan b,dari perbandingan diatas maka akan didapatkan suatu hasil yaitu benar atau salah (true/false)yang berupa nilai 1(selain nol)untuk benar dan 0 untuk salah. Operator ini terdiri dari tanda tanda khusus yaitu:<(lebih kecil),>(lebih besar),==(sama dengan),<=(lebih kecil atau sama dengan),>=(lebih besar atau sama dengan),dan !=(tdak sama dengan).
  2. logical operator digunakan untuk mengkombinasikan operator diatas, yang terdiri dari &&(and/dan),||(or/atau),dan !(not/tidak).
  3. Assignment logical identik dengan tanda ‘=’(sama dengan),operator ini dapat dipadukan dengan operator aritmatika sehingga menjadi:+=,-=,*=,/=,%=.
  4. Conditional operator adalah operator yang dapat digunakan untuk menentukan (pengambilan keputusan)secara sederhana(satu baris statement),dimana hanya menggunakan karakter khusus ‘?’(tanda tanya) dan ‘:’(colon/titik dua).

Setelah mempelajari teori mengenai RE-GISI DITIO, di bawah ini akan diberi contoh, sekaligus sebagai laporan praktikum 3 Pemograman Bahasa C. Oke, tidak perlu basa-basi lagi, pasti semua sudah menanti contohnya. Silahkan dilihat, dibaca, dipahamai, dan dipraktekkan teman-teman redaksi.

  • Contoh yang pertama, sekaligus menjadi Tugas 3.5.1, yaitu membuat program untuk menentukan hasil (0 atau 1) dari operator relasional dibawah ini. Memasukkan nilai a,b,c, dan d dari keyboard.

A. (a>b) && (c<d) || (a==b)
B. (a==b)||(c==d)&&(a<b)
C. (a<=c) && (b>=d) ||(a==d)
D. (a>=d) && (b<=c) ||(c==d)
E. (a!=b) || (c>d) || (a != d)

LANGKAH-LANGKAHNYA ADALAH SEBAGAI BERIKUT:

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka aplikasi Code::Blocks, kemudian membuat file baru C++.

Langkah kedua, yaitu mengikuti langkah-langkah sesuai pada gambar 1.1.

Langkah ketiga, me-klik Build. Setelah itu me-klik run, sehingga akan muncul hasil sesuai gambar 1.2-1.3


  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Gambar 1.2



 

  • Contoh yang kedua, sekaligus menjadi Tugas 3.5.2, yaitu menghitung nilai variable m,n dan hasil pemograman dan menjelaskan jalannya program.

LANGKAH-LANGKAHNYA ADALAH SEBAGAI BERIKUT:

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka aplikasi Code::Blocks, kemudian membuat file baru C++.

Langkah kedua, yaitu mengikuti langkah-langkah sesuai pada gambar 2.1.

Langkah ketiga, me-klik Build. Setelah itu me-klik run, sehingga akan muncul hasil sesuai gambar 2.2.



Penjelasan : Pada program tersebut menggunakan operator conditional dimana untuk menentukan benar atau salah atau prinsip dasar dari “if-else”. Di dalam program tersebut terpampang jelas bahwa menggunakan komponen int, dan menggunkan simbol lebih dari, dan kurang dari. Ketika me-input-kan suatu nominal/angka pada a,b,c,d, maka hasil pada program tersebut akan sesuai perintah (a<b) dan (c>d).

 

  • Contoh ketiga, sekaligus menjadi Tugas 3.5.3, yaitu membuat program untuk menentukan nilai terbesar dan terkecil dari empat nilai yang diberikan melalui keyboard, seperti contoh di bawah ini dengan menggunakan operator conditional.

masukkan nilai a=8

masukkan nilai b=5

masukkan nilai c=6

masukkan nilai d=7

nilai a lebih besar dari b

nilai c lebih kecil dari d

jadi nilai maksimum adalah 8

Petunjuk:

  1. Membandingkan nilai a dengan b, menyimpan hasil pada x
  2. Membandingkan inilai c dengan d, menyimpan hasil pada y
  3. Membandingkan nilai x dan y, mencetak nilai terbesar

LANGKAH-LANGKAHNYA ADALAH SEBAGAI BERIKUT:

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka aplikasi Code::Blocks, kemudian membuat file baru C++.

Langkah kedua, yaitu mengikuti langkah-langkah sesuai pada gambar 3.1.

Langkah ketiga, me-klik Build. Setelah itu me-klik run, sehingga akan muncul hasil sesuai gambar 3.2.


Dari seluruh teori dan percobaan atau contoh di atas, dapat disimpulkan bahwa Bahasa pemograman C adalah suatu materi yang menarik dan sangat menantang. Bukan karena sulit, tetapi tantangan dari materi itulah yang membuat Bahasa pemograman C menjadi menarik untuk dipelajari. Inti dari materi ini adalah Relational Operator merupakan operator yang digunakan untuk membandingkan antara dua operand. Kemudian,  Assignment operator identik dengan tanda ‘=’ yang dapat dipadukan dengan operator aritmatika. Lalu, Conditional operator adaah operator operator yang digunakan untuk menentikan secara sederhana. Dan yang terakhir, Logika Operator akan menghasilkan 1 jika benar dan 0 jika salah.

Dari seluruh teori dan percobaan atau contoh di atas, dapat disimpulkan bahwa Bahasa pemograman C adalah suatu materi yang menarik dan sangat menantang. Bukan karena sulit, tetapi tantangan dari materi itulah yang membuat Bahasa pemograman C menjadi menarik untuk dipelajari.

Sampai jumpa di artikel saya berikutnya yang lebih menarik lagi. Kritik dan saran sangat saya harapkan dari pembaca. Untuk kritik dan saran silahkan menghubungi nomor ini : 085536770745 (Only WhatsApp) atau Email : bagusbambang18@gmail.com . Terima kasih telah membaca. Mohon maaf atas kekurangan dalam artikel ini.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.