Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Bertemu lagi dengan saya, Bagus Bambang Syahputra. Mahasiswa D3 Teknik Elektronika – Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. Nah, kali ini saya akan membahas suatu materi yang menarik dan memaksa kita untuk berpikir kritis hingga emosional, yaitu Algoritma dalam konotasi. What the meaning of Algoritma dalam konotasi? Pasti penasarankan? Mari baca artikel ini. Sebelumnya, kita akan mengupas satu per satu arti dari Algoritma dan konotasi.

Menurut Wikipedia Indonesia dan ensiklopedia bebas, Algoritma  ialah tatacara langkah demi langkah dalam penyelesaian masalah dalam masa yang terhingga. Proses algoritma telah diasaskan oleh seorang tokoh matematik Islam yang dikenali sebagai Al-Khawarizmi; bahkan proses ini dinamakan sempena beliau melalui pelatinan namanya sebagai algorismus,[1][2] di mana perkataan ini mula digunakan sejak abad ke-13 sebelum ditetapkan takrifan modennya pada abad ke-19[3]. Dalam sains komputer pula, algoritma ialah langkah-langkah dalam proses larian kod komputer yang mengkaji tahap keberkesanan kod program komputer. Menurut saya, algoritma merupakan langkah-langkah atau step dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang ada secara berurutan. Kata kuncinya adalah “LANGKAH-LANGKAH”. Nah, sekarang bagaimanakah menurut kalian arti dari sebuah kata “Algoritma”?

Sedangkan, Menurut Wikipedia Indonesia dan ensklopedia bebas, Konotasi adalah suatu makna kultural atau emosional yang bersifat subjektif dan melekat pada suatu kata atau frasa. Dengan kata lain, menurut saya, Konotasi adalah arti yang bermakna absurd atau memiliki makna yang bukan dari makna sebenarnya. Konotasi dapat berupa kata positif dan negatif. Contoh dari konotasi positif, yaitu raja siang(yang berarti matahari). Sedangkan, untuk konotasi negatif, yaitu kambing hitam(yang berarti orang yang disalahkan). Lalu, Algoritma termasuk kelompok konotasi negatif atau positif?

Berdasarkan pengertian dari kedua kata tersebut, Algoritma termasuk dalam kelompok positif. Mengapa demikian? Karena Algoritma merupakan langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah. Kemudian, bagaimanakah arti Algoritma dalam konotasi? Algoritma memiliki banyak arti, tergantung dari masing-masing individu dalam mengartikan sebuah kata Algoritma. Algoritma dalam konotasi maksudnya adalah langkah-langkah/cara/prosedur dalam menangani suatu masalah dalam kehidupan sehari-hari. Setiap saat sebelum melakukan sesuatu, pasti mempunyai langkah-langkah. Nah, dari kata “Langkah-Langkah” itulah, Algoritma ini tidak bisa diartikan dalam satu makna. Sedangkan, setiap orang yang berpikir kritis, pasti memikirkan suatu hal yang berbeda.

Algoritma dalam kegiatan sehari-hari. Bagaimana mungkin? Bagaimanakah penerapannya? Bagaimanakah contohnya? Nah, untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, saya akan mengingatkan kembali mengenai materi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Teks Prosedur. Dalam teks prosedur, terdapat langkah-langkah untuk membuat atau melakukan suatu yang diinginkan. Sama halnya dengan Algoritma, tetapi Algoritma hanya sedikit yang tahu tentang makna luas dari kata Algoritma. Contoh dari penerapan Algoritma dalam kehidupan sehari-hari, yaitu Algoritma membuat jus anggur, Algoritma membuat nasi goreng, dan masih banyak lagi.

Namun, untuk anak kuliah-an, ada satu Algoritma yang akan menggugah mata dan sangat menarik bagi anak kuliah-an, yaitu Algoritma Agar Tidak Terlambat Datang Ke Kampus. Mengapa ini saya mengangkat materi ini? Karena masih banyak mahasiswa yang sering datang terlambat ataupun datang saat mendekati waktu pelajaran dimulai. Di bawah ini akan ada langkah-langkah atau step agar anak kuliah-an tidak datang terlambat dan dapat menjadi lebih disiplin, terutama disiplin waktu. Algoritma ini cocok bagi mahasiwa yang sering datang terlambat.

Berikut ini adalah langkah-langkah agar tidak terlambat dalam kuliah.

Pertama, Pasang Alarm. Agar tidak bangun kesiangan, pasanglah alarm. Pastikan suara alarm berbunyi pada jam yang tepat sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. Cobalah mengubah jadwal bangun menjadi lebih awal, misalnya yang awalnya bangun jam 6 dipercepat menjadi jam 5. Bila susah bangun, minta orang rumah untuk membangunkan.

Kedua, Tidur Lebih Awal. Bangun kesiangan adalah salah satu penyebab mahasiwa sering terlambat ke sekolah. Bila sering tidur malam karena begadang, entah itu mengerjakan tugas atau kebanyakan nonton, mulai sekarang tidur lebih awal. Cobalah buat jadwal tidur sebaik mungkin, misalnya jam 9  sudah masuk kamar. Dengan tidur yang cukup bisa mencegah agar tidak mengantuk saat jam pelajaran di kampus.

Ketiga, Ubah Posisi Tempat Tidur. Mengubah posisi tempat tidur dapat membuat bangun pagi. Cobalah cari posisi tempat tidur yang terkena cahaya matahari saat pagi hari. Saat matahari mulai terbit akan menyadari bahwa hari sudah siang. Jangan tidur di ruangan gelap, karena akan membuat tubuh sulit bangun.

Keempat, Pilih Rute. Kemacetan adalah salah satu penyebab mahasiwa sering terlambat. Untuk itu pilih rute lain yang lebih lancar dengan pantau kondisi jalan melalui radio, berita televisi ataupun menggunakan aplikasi yang dapat mengetahui kondisi jalan. Dengan melewati rute ke kampus yang tepat dan bebas macet, dapat membuat kalian tidak terlambat ke kampus.

Kelima, Memakai Kendaraan Roda Dua. Bila jarak kampus tidak jauh dari rumah, kalian bisa menggunakan sepeda agar lebih cepat sampai ke kampus. Namun bila jaraknya jauh, kalian bisa menggunakan motor ke kampus. Bila kalian belum punya SIM, cobalah minta orang rumah untuk mengantarkan kalian ke kampus.

Itulah salah contoh Algoritma dalam kehidupan sehari-hari. Pastinya, kalian dapat membuat Algoritma yang lebih unik, kreatif, dan keren daripada ini. Demikianlah artikel yang saya buat pada kesempatan kali ini. Nantikan artikel-artikel saya berikutnya yang dapat membuat kalian berpikir kritis, emosional, hingga tertawa tidak jelas.

Kritik dan saran sangat saya harapkan dari pembaca. Untuk kritik dan saran silahkan menghubungi nomor ini : 085536770745 (Only WhatsApp) atau Email : bagusbambang18@gmail.com . Terima kasih telah membaca dan semoga bermanfaat. Mohon maaf atas kekurangan dan kesalahan dalam artikel ini.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

https://ms.wikipedia.org/w/index.php?search=konotasi&title=Khas%3ACari&go=Pergi&ns0=1

https://ms.wikipedia.org/wiki/Algoritma